oleh

Sosialisasi Fasilitasi Tugas Fungsi LKD di Majasari, Ini Penjelasan Camat Cibiuk Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Desa Majasari Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut gelar fasilitasi pelaksanaan tugas serta fungsi dan kewajiban lembaga kemasyarakatan yang ada di desa. Acara digelar di ruang.rapat desa setempat, Kamis (01/12/2022).

Hadir dalam acara, Camat Cibiuk, Agus Saepudin S Sos, Kepala Desa Majasari, Yadi Slamet Riadi, Bhabinkamtibmas, Aipda Ujang Herman SH, para Ketua RT dan RW, LPM, BPD, Kader dan Karang Taruna.

Camat Cibiuk Agus Saepudin dalam sambutanya menyampaikan, Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) bertugas untuk melakukan pemberdayaan masyarakat desa dan harus ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat.

Dikatakan Agus, LKD sudah diatur dengan peraturan Menteri Dalam Negeri, Permendagri RI nomor 18 tahun 2018.

“Semuanya harus benar-benar memahami tugas fungsi LKD tersebut. LKD itu ada enam, diantaranya, ada RT, RW, PKK, LPM, karang taruna serta kader posyandu,” ujar Agus.

LKD tersebut, sambung Agus, dibentuk dengan maksud tujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, peran serta masyarakat dalam pembangunan, pengembangan kemitraan, pemberdayaan masyarakat. Serta pengembangan kegiatan yang lain sesuai dengan kebutuhan serta kondisi yang ada di masyarakat.

Penggalangan dana untuk disalurkan kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Majasari Yadi Slamet Riadi berharap, peningkatan pengetahuan LKD dapat menunjang dalam rangka memaksimalkan pelayanan dan program pembangunan di masyarakat. Yadi juga menyebutkan, dalam kesempatan acara juga digelar galang donasi dari yang hadir untuk masyarakat korban gempa yang ada di Cianjur.

“Allhamdulillah total donasi hasil partisipasi semua pihak. Termasuk warga masyarakat para penerima bantuan sosial BLT BBM, PKH dan BPNT, memberikan seikhlasnya. Terkumpul dengan total nilai ada Rp1.854.000. Ini akan disalurkan untuk korban gempa Cianjur. Semoga amal kebaikan kita semua dibalas oleh Alloh SWT,” tutur Yadi.

Sementara, Bhabinkamtibmas Desa Majasari, Aipda Ujang Herman SH, berpesan, masalah kewaspadaan di lingkungan masing-masing, agar tercipta kamtibmas yang kondusif, aman dan tentram. (T Supriatna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 comments

  1. Ping-balik: Lincoln Georgis
  2. Ping-balik: premium-domain-broker
  3. Ping-balik: organic antiseptic
  4. Ping-balik: Click Here
  5. Ping-balik: Click Here
  6. Ping-balik: Click Here
  7. Ping-balik: Click Here
  8. Ping-balik: Click Here
  9. Ping-balik: Click Here

Berita Terbaru