4.833 Jiwa dari 1.666 KK di Garut Selatan Terdampak Banjir dan Tanah Longsor

FOKUS729 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Garut selatan pada Kamis (22/09/2022) malam mengakibatkan 20 desa di 5 kecamatan terdampak bencana banjir maupun tanah longsor.

Berdasarkan laporan sementara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, akibat bencana yang terjadi karena intensitas hujan tinggi dengan durasi yang lama ini, satu orang dikabarkan meninggal dunia, serta 1.666 KK (4.833 jiwa) ikut terdampak dengan adanya bencana ini.

Selain itu, berdasarkan hasil assesment tim BPBD Kabupaten Garut sebayak 1.644 rumah milik warga terdampak, di mana sebanyak 16 rumah mengalami kerusakan, terdiri dari 8 rumah rusak berat (RB), 4 rumah rusak sedang (RS), dan 4 rumah rusak ringan (RR).

Beberapa infrastruktur mulai dari jembatan, jalan, hingga lahan pertanian yang ada di 5 kecamatan terdampak juga mengalami kerusakan. Adapun beberapa lokasi yang terdampak bencana yakni Kecamatan Banjarwangi, Singajaya, Cibalong, Pameungpeuk, dan Cisompet.

Untuk saat ini, ada beberapa kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh penyintas bencana seperti obat-obatan, sembako, makanan bayi, selimut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman saat meninjau lokasi bencana di Kecamatan Pameungpeuk, Jumat (23/09/2022).

Sementara itu dari Kecamatan Singajaya, dilaporkan, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Jum’at (23/09/2022), mengecek secara langsung kondisi terkini jalur penghubung Kecamatan Cihurip dengan Kecamatan Singajaya yang terputus akibat tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.

Wabup Garut menuturkan jalan penghubung Kecamatan Singajaya dan Kecamatan Cihurip sendiri, yang terputus sepanjang 35 meter. Meski demikian, imbuh Helmi, jalur masih bisa dilewati karena sudah dibuat jalur baru dipinggir jalan yang terputus sepanjang 50 meter.

“Yang putus itu 35 meter tapi bisa ke pinggirnya, kepinggir bikin jalur baru sepanjang kurang lebih 50 meteran, dan ini inisiatif desa dan kecamatan sudah dibikin, lebarnya kurang lebih 3 meter sampai 4 meter, tinggal dilebarkan saja, kalau dilebarkan mungkin bisa sampai 7 atau 10 meter, karena masih leluasa kepinggirnya,” ujar Wabup Garut di sela-sela peninjauan penghubung Kecamatan Cihurip dengan Kecamatan Singajaya, di Desa Girimukti, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jum’at malam (23/9/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *