Wabup Helmi Imbau Masyarakat Garut Hindari Jasa Rentenir

FOKUS648 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, mengimbau masyarakat Kabupaten Garut, untuk hindari bahkan tidak menggunakan jasa rentenir.

“Saya kira tidak boleh terjadi lagi lah, saya imbau masyarakat untuk tidak menggunakan jasa-jasa rentenir, kan kita bisa gunakan lembaga-lembaga yang resmi, yang tidak mencekik,” ujar Wabup Garut seusai meninjau kondisi terkini rumah Undang (43) warga Kampung Haurseah, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, Rabu (21/09/2022), yang rumahnya dirobohkan oleh rentenir.

Jika terpaksa harus meminjam uang, Wabup Garut menyarankan agar masyarakat bisa memanfaatkan lembaga-lembaga peminjaman resmi yang ada di Kabupaten Garut. Termasuk salah satunya dengan memanfaatkan program Kredit Mesra dari Bank BJB yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Kan ada lembaga resmi untuk memberikan pinjaman. Dari Bank Bjb juga ada kredit mesra yang digulirkan oleh provinsi, itu bisa dimanfaatkan,” ucapnya didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana.

Selain itu, Wabup Garut juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak terjerumus rayuan-rayuan dari rentenir, di samping masyarakat juga bisa mengurangi budaya konsumtif, dengan mengutamakan kebutuhan hidup dibanding gaya hidup.

“Makanya gaya hidup juga tolong lah itu ya, nanti memang sekarang godaan-godaan itu sangat besar ya karena kan godaan-godaan konsumerisme cukup kuat, nah ini juga perlu turun semua tokoh pemerintah, semua tokoh dan semua masyarakat turun bagaimana budaya-budaya konsumtif itu diturunkan,” kata Wabup Garut.

Sementara, berkaitan dengan pembangunan rumah, imbuh dr. Helmi, Pemkab Garut dalam hal ini KORPRI Garut berkolaborasi dengan Kepolisian Resor (Polres) Garut, akan membangun 3 rumah yang ada di lokasi rumah milik Undang, di mana sebelum kejadian perobohan rumah Undang, telah terjadi peristiwa kebakaran yang mengakibatkan dua rumah di lokasi tersebut mengalami kerusakan.

“Saya dengan Kapolres sudah berkoordinasi, bahkan Pak Kapolres sudah menyampaikan kerjasama polres antara pemerintah daerah akan membangun tiga rumah ini, dan besok saya rencananya dengan Pak Kapolres ke sini. Insya Allah untuk rumahnya permanen atau semi permanen tergantung nanti, kita udah terkumpul dana sebagian,” ucapnya.

Ia mengatakan, berdasarkan penghitungan, untuk pembangun 3 rumah tadi dibutuhkan dana kurang lebih 60 juta rupiah.

“Sudah ada lah 30 juta, untuk tiga rumah. Ya nanti saya juga nanti ada, tapi hitungan sementara seperti itu,” katanya.

Dengan adanya kejadian yang menimpa Undang, ia menginstruksikan jajaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, untuk memastikan bahwa tidak ada warga Kabupaten Garut yang tidak makan akibat himpitan ekonomi.

“Alhamdulilah jangan sampai tadi pertama saya sudah titipkan ke bu camat, jangan sampai ada yang nggak makan, karena ini juga terkait dengan pasca kenaikan BBM kan, makin berat, ya kita dengan Pak bupati pokoknya jangan ada yang tidak makan, makanya semua harus suplai makan, harus ada,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *