Pimpin Apel, Wabup Helmi : Orientasi Pelayanan Harus Menjadi Sebuah Keyakinan

FOKUS573 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam arahannya pada apel gabungan terbatas, Senin (19/09/2022) di lapangan Setda, Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman mengungkapkan, orientasi pelayanan adalah sikap dan perilaku kerja PNS dalam memberikan pelayanan terbaik kepada yang dilayani antara lain meliputi masyarakat, atasan, rekan sekerja, unit kerja terkait atau instansi lain. Kecenderungan bureaucratic paternalism, imbuh Helmi, kerap mengakibatkan tidak tercapainya pelayanan publik yang berorientasi terhadap kepentingan masyarakat.

“Seorang abdi negara haruslah memiliki jiwa yang bisa melayani. Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah abdi masyarakat yang harus bisa melayani masyarakat tanpa pamrih. Aspek orientasi pada pelayanan bertujuan untuk mengukur kesiapan dan kesigapan pada tugas pelayanan yang diberikan,” ungkap Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, saat memimpin apel di lapangan Setda, Senin (19/09/2022).

Wakil Bupati Garut menuturkan, orientasi pelayanan harus menjadi sebuah keyakinan untuk membantu, melayani atau memenuhi kebutuhan. Artinya, kata Hemi, orientasi pelayanan harus berusaha untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“BerAKHLAK itu harus berorientasi pada pelayanan, memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, dapat diandalkan dan melakukan perbaikan tiada henti. Sebagai ASN kita berikan pelayanan yang berorientasi prima berdasarkan prinsip 3A yaitu Attitude atau sikap, Attention bagaimana kita memberikan perhatian, dan Action bagaimana kita melakukan tindakan,” tandas Helmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *