Peringati HUT PMI ke-77, Ketua : Terus Tebar Kebaikan dengan Membantu Sesama

FOKUS851 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka memperingati HUT PMI ke 77,  PMI kabupaten Garut memberi penghargaan kepada para motivator donor dan para pendonor yang telah melakukan donor darah sebanyak 10 kali , 25 kali, dan 75 kali serta memberikan penghargaan kepada SMPN 1 Garut sebagai sekolah terbaik yang mewakili PMI Kabupaten Garut pada jambore PMI tingkat nasional.

Acara yang digelar di gedung Art Centre jalan Proklamasi pada Sabtu (17/09) itu dihadiri oleh Ketua PMI Garut dr. H. Helmi Budiman.M,M., Forkopimda, berbagai SKPD, Forkopimcam Tarogong, para direktur Rumah Sakit dan manager- manager perusahaan.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Kabupaten Garut, Dr. Helmi Budiman.M,M, mengatakan, kita harus bangga sekali dan semangat, karena visi kita adalah menyehatkan dan mensejahterakan dunia. Organisasi PMI adalah organisasi Dunia dan kita ini bagian dari pada PMI Internasional.

“Jadi saudara harus bersahabat bukan hanya dengan bangsa dan rakyat Indonesia saja, tetapi dengan dunia, sahabat kita di Singapura, di Asean, di Timur Tengah, di Eropa, itu adalah saudara kita, ” ucap dr. Helmi.

PMI ini kesatuan, lanjutnya, bahkan undang- undang terbaru menyebutkan bahwa palang merah dan bulan sabit merah adalah satu, tidak ada lagi bulan sabit merah sebagai organisasi kepalang merahan Indonesia, semuanya satu, semuanya adalah Palang Merah Indonesia.

“3 prinsip yang pertama adalah sama, semuanya bicara tentang kesamaan, kemanusian dan kenetralan itu sama, kita tidak pernah membeda-bedakan berdasarkan jenis kelamin, berdasarkan suku, ras dan agama. Itu adalah semua yang harus kita tolong, itu adalah prinsif kita. Kemudian kemandirian dan kesukarelaan itu juga prinsif kita, ” tegasnya.

Alhamdulilah, lanjutnya lagi, saya melihat dalam 3 tahun terakhir, apalagi ketika kita diberikan musibah wabah covid 19. Kita melihat salahsatu gerakan yang sama dengan pemerintah, dengan TNI Porli, baik dalam rangka pengobatan maupun pencegahan, termasuk di dalam vaksinasi.

“Organisasi PMI terdepan dan terus menerus membantu sesama, ini adalah bukti bahwa kita sedang menjalankan sebagaimana 7 prinsif yang diamanatkan oleh pendiri PMI. Kita melanjutkan, kita membaktikan, kita mendarmabaktikan apa yang menjadi keyakinan kita tersebut. Kita mewujudkan didalam kehidupan kita bermasayarakat berbangsa dan bernegara, tentu ini adalah suatu hal yang harus kita lanjutkan dengan membantu sesama, sehingga tema kita hari ini terus tebar kebaikan, “

Selain itu, sambung Helmi, kita juga memiliki relawan yang terus menerus berjuang bersama masyarakat. Kita juga memiliki 1 unit yang dinamakan unit donor darah. Kebijakan pemerintah pusat dan kebijakan PMI sendiri sudah jelas, bahwa satu kabupaten hanya ada satu unit donor darah yang langsung dikelola oleh PMI. (Don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *