Ribuan Siswa SD di Garut Lakukan Sikat Gigi Massal

GARUT KOTA662 views

HARIANGARUTNEWS.COM- Sebanyak 2.514 siswa dari 9 SD yang ada di Kabupaten Garut, mengikuti kegiatan sikat gigi massal secara serentak yang dilakukan di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Tahun 2022.

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut, Rudy Gunawan, hadir secara langsung di salah satu sekolah yang menyelenggarakan sikat gigi bersama, yaitu di SDIT Darul Abrol, yang berlokasi di Kecamatan Tarogong Kaler, Senin (12/09/2022).

“Hari ini 12 September 2022 Pemerintah Kabupaten Garut beserta seluruh Persatuan Dokter Gigi Kabupaten Garut, Dinas Kesehatan kabupaten Garut, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut menyelenggarakan kegiatan yaitu melakukan sikat gigi massal 2.500 siswa se-Kabupaten Garut yang hari ini dipusatkan di SD Darul Abror yang ada di Tarogong Kaler,” ujar Bupati Garut.

Ia mengungkapkan jika kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan kepada anak-anak agar memiliki gigi yang sehat.

“Ini bentuk kecintaan kita kepada anak-anak supaya giginya sehat, karena kita ingin pulih bersama senyum Indonesia dengan menyikat gigi. Terimakasih semua pihak,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Garut, drg. M. Fahrul Rozi, menuturkan jika kegiatan sikat gigi bersama ini merupakan acara puncak dari rangkaian Bulan Kesehatan Gigi Nasional, dan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Sebenarnya tujuan utamanya untuk mengedukasi kepada siswa-siswa tentang pentingnya kesehatan gigi itu sendiri, yaitu agar yang pasti giginya bersih, sehat, sehingga terhindar dari gigi-gigi yang bolong, terhindar dari bakteri, kuman, dan sebagainya seperti itu,” tutur Fahrul.

Bupati Garut saat menghadiri acara Sikat Gigi Massal.

Selain itu, berkaitan dengan kondisi kesehatan gigi di masyarakat Kabupaten Garut, imbuh Fahrul, berdasarkan data yang ada kondisinya sudah cukup baik. Namun, tetap memerlukan beberapa perbaikan yang lebih lanjut lagi.

“Salah satu upayanya seperti ini kita melakukan sikat gigi massal ke sekolah-sekolah dan saya yakin acara inipun sebenarnya sudah sering di lakukan di Garut di SD-SD ini, jadi memang kita tujuan utama dari salah satunya dari PDGI Cabang Garut kita ingin sekali agar kesehatan gigi dan mulut dari masyarakat Garut itu jauh lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya,” imbuhnya.

Ia berharap melalui kegiatan sikat gigi massal ini mampu memberikan kebiasaan baru bagi masyarakat Garut khususnya para pelajar untuk senantiasa membersihkan hingga memelihara kesehatan gigi.

“Jika merawat gigi otomatis kita pasti akan punya senyum yang baik juga. Nah senyum yang baik ini biasanya kita harus mulai dari senyum anak-anak, terutama anak-anak Indonesia khususnya anak-anak dari Garut,” tandasnya.

Berikut 9 sekolah yang terlibat dalam pelaksanaan sikat gigi masal dalam rangka HKGN Tahun 2022 di Kabupaten Garut :
1. SDN Regol 6 – 357 siswa
2. SDN Margawati 3 – 154 siswa
3. SDN Margawati 4 – 190 siswa
4. SDN Margawati 5 – 132 siswa
5. SDN Sukanegla – 319 siswa
6. SDIT Darul Abror 1 & 2 – 700 siswa
7. SDN Bagendit 2 – 254 siswa
8. SDN Banyuresmi 2 – 408 siswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *