Ketua IPSI Kabupaten Garut Kukuhkan Pengurus Perguruan Pencak Silat PPLB Periode 2022-2026

FOKUS830 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) merupakan wadah organisasi seni bela diri pencak silat yang banyak diminati oleh masyarakat. Saat ini, Pencak Silat sudah tersebar di 83 negara di dunia dan telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Garut mengukuhkan Pengurus Perguruan Pencak Silat Pusaka Payung Lodaya Bodas (PLPB) Periode 2022-2026 di Kampung Payung, Desa Sukalilah, Kecamatan Cibatu, Rabu (07/09/2022).

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Agus Ismail, Ketua IPSI Kabupaten Garut, Agus Mulyana, Penasehat IPSI Kabupaten Garut, H. Dede Hermawan, Camat Cibatu Sardiman Tanjung, Kapolsek Cibatu yang mewakili, Danramil 1105 Cibatu Letda CPL Yusup, DPD GANNA Kabupaten Garut, para Kepala Desa Se-Kecamata Cibatu, pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu, PT. Sido Agung, Para Sesepuh Paguron beserta undangan lainnya.

Wakil Bupati Garut bersama Ketua IPSI kabupaten Garut bersertabjajaran pengurus pada acara Pengukuhan PPLB, Rabu (07/09/2022).

Pengukuhan dan pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor : Skep.978/2022 Tentang Pengukuhan Personalia Pengurus PPLB periode 2022-2026 yang ditandatangani Ketua IPSI Kabupaten Garut. PPLB sendiri berada dibawah naungan Yayasan Gerakan Anti Narkotika Nusantara Amartha (GANNA).

Dalam pengukuhan tersebut, setelah membacakan Ikrar, SK dan menyerahkan Pataka kepada Ketua PPLB, Ketua IPSI mengucapkan selamat atas dikukuhkannya kepengurusan PPLB dan dapat mengemban amanah serta memiliki dedikasi yang tinggi dalam memajukan olahraga Pencak SIlat di Kabupaten Garut.

“Sebagai anggota IPSI, saudara harus dapat mendorong organisasi. Sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran dari Organisasi IPSI Garut dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. IPSI harus menjadi wadah untuk membangun kesatuan dan persatuan yang dapat menyatukan seluruh perguruan perguruan silat di Kabupaten Garut,” ujar Agus Mulyana.

Ketua IPSI juga berpesan agar pengurus PPLB dapat segera menyusun program kerja yang akan dijalankan selama lima tahun kedepan.

Ketua IPSI Kabupaten Garut saat tiba dilokasi pengukuhan langsung disambut Ketua dan pengurus PPLB.

“Saya berpesan kepada pengurus PPLB yang baru dikukuhkan agar segera membuat planning organisasi atau program kerja. Laksanakan program kerja yang telah dibuat secara komprehensif, sehingga menciptakan atlet pencak silat terbaik yang dapat mengharumkan Kabupaten Garut di setiap ajang perlombaan,” tuturnya.

Agus melanjutkan, IPSI harus tegak lurus dengan sikap kesetiaan mengawal jalannya pemerintahan kabupaten setempat. Kekuatan IPSI, imbuhnya, adalah ketuhanan. Secara amal soleh menjaga budi pekerti luhur didalam masyarakat.

“Pencak silat sarat akan prestasi, nilai dan budaya. Maka sebab itu kita harus terus menjaga kelestarian budaya ini, supaya warisan budaya ini dapat diturunkan ke anak cucu kita nanti,” ujarnya.

“Kekuatan IPSI adalah ketuhanan. Secara amal soleh menjaga budi pekerti luhur didalam masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *