Ketua IPSI Kabupaten Garut Akan Kukuhkan Pengurus Pusaka Payung Lodaya Bodas Periode 2022-2026

MENARA GARUT629 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Garut rencananya akan segera mengukuhkan kepengurusan Perguruan Pusaka Payung Lodaya Bodas (PPLB) Periode 2022-2026 di Kampung Payung, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut pada 7 September 2022 mendatang.

Ketua IPSI Kabupaten Garut, Agus Mulyana atau yang lebih akrab disapa Adis ini menjelaskan, pengukuhan dilakukan setelah Perguruan  PPLB tersebut dibuatkan Surat Keputusan (SK) Nomor : Skep.978/2022, sehingga perguruannya diakui oleh IPSI Kabupaten Garut yang kemudian dilaporkan ke IPSI Provinsi sampai ke IPSI tingkat Nasional.

“Ya setelah mendapat laporan dari pengurus PPLB, rencananya kami bermaksud akan menggelar acara Pengukuhan para Pengurus Pusaka Payung Lodaya Bodas Periode 2022-2026. Adapun tujuan dari pengukuhan ini agar pencak silat PPLB mendapatkan legalitas sehingga secara resmi terdaftar di IPSI wilayah cabang maupun wilayah pusat,” ungkap Ketua IPSI Kabupaten Garut, Kamis (25/08/2022) di kantornya.

Dalam kegiatan yang bertujuan untuk melestaikan budaya seni bela diri pencak silat, lanjut Adis, pihaknya sudah mengukuhkan hampir 150 padepokan binaannya dari 800 padepokan yang tersebar di seluruh Kabupaten Garut. Ia berharap, para pengurus dan keluarga besar PPLB harus dapat lebih mengedepankan khidmat kepada organisasi yang berbasis kultural dan saling bersilaturahmi dan berbagi, baik dengan sesama keluarga besar IPSI ataupun masyarakat tanpa ada perbedaan.

“Sebagai bentuk pembinaan, pengurus IPSI rutin mengelar kontes seni pencak silat untuk mencari atlet-atlet terbaik guna diikutkan dalam ajang kompetisi tingkat regional maupun Internasional. Kami berharap setelah PPLB dikukuhkan nantinya bisa mengirimkan para pendekarnya dalam berbagai event yang digelar IPSI,” pungkas Ketua IPSI Kabupaten Garut.

Sementara, Pendiri sekaligus Penanggung Jawab Perguruan Pusaka Payung Lodaya Bodas, Atep Pachrudin, kepada media menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Ketua IPSI Kabupaten Garut dan Ketua Yayasan Gerakan Anti Narkotika Nusantara Amartha (GANNA) karena telah berkenan menerbitkan Surat Keputusan (SK) untuk padepokannya tersebut.

“Perguruan pencak silat Pusaka Payung Lodaya Bodas saat ini sudah terdaftar sebagai anggota IPSI Kabupaten Garut. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua IPSI Kabupaten Garut dan Ketua Yayasan GANNA yang telah memberikan wadah legalitas agar perguruan kami lebih leluasa dalam mengembangkan seni beladiri pencak silat, dan kami siap dikukuhkan agar kepengurusan dapat berjalan dengan tepat dan sesuai job masing-masing,” ungkap Atep.

Atep menambahkan, acara pengukuhan yang rencananya akan digelar pada Rabu tanggal 7 September 2022 mendatang tersebut akan dihadiri oleh Wakil Bupati Garut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Ketua IPSI Kabupaten Garut, Forkopim Kecamatan Cibatu, APDESI Kecamatan Cibatu, para pimpinan Paguron/Padepokan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta undangan lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *