Wakil Bupati Garut Apresiasi Gelar Pentas Musik dan Festival Seni Budaya di Desa Cisitu Malangbong

FOKUS683 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut apresiasi pelaksanaan pentas musik Festival Seni Budaya dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 di Desa Cisitu Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, di aula desa setempat, Minggu (21/08/2022).

Acara langsung dihadiri Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman didampingi Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Malangbong, Deden Munawar SIP, MIP. Hadir juga Kepala Desa Cisitu, Asep Saepudin SIP, Babinsa, Bhabinkamtibmas, anggota BPD, LPM, para Ketua RW dan RT, tokoh masyarakat, karang taruna, group band yang ada di Kecamatan Malangbong dan bintang tamu GG Z, Zerro Sujud Of Glori.

Dalam kesempatan tersebut, ditampilkan beberapa group seni tradisional diantaranya, Singa Depok TS, Bijana Putra, Calung LS, Putra Mandiri,.Pencak Silat Cahaya Pusaka Putra, Jaipong Sanggar Camperenik dan Seni Debus Gunung Ringgeung.

Sementara untuk grup band sendiri ditampilkan dari Band Hipnotize, Cisitu Drop D, The Good Father, Dekoll, D,Gazebo, Focus Error, Jet Noise, Cheeky Door, Ceukih Jam, Waras dan Bunga Palsu.

Usai menlihat secara langsung acara Frstival, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Cisitu yang telah menggelar pentas musik festival seni budaya dalam rangka HUT RI yg ke 77.

“Saya apresiasi dan semoga ini diharapkan ini menjadikan sebuah motivasi bagi kita semua,” ucap Helmi.

Menurutnya, seni budaya harus dijaga dan dilestarikan dengan semangat kecintaan sesuai adat kearifan lokal, seni budaya yang turun temurun ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi terbaru saat ini.

Seni budaya ini, lanjut Helmi, dimaknai sebagai identitas atau jati diri suatu bangsa, sebab kebudayaan memiliki peran dan fungsi yang sentral dan sangat mendasar sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaannya telah mengakar dalam sendi kehidupan,” kata Wakil Bupati Garut.

Sementara, Kepala Desa Cisitu, Asep Saepudin SIP menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil.Bupati Garut yang telah menyempatkan hadir meninjau langsung acara pentas musik dan festival seni budaya di Desa Cisitu.

“Atas nama pemerintahan desa dan warga masyarakat, tentunya kami bangga dan sangat mengapresiasi kehadiran beliau dalam acara pentas musik dan seni budaya ini,” kata Asep.

Kehadiran Wakil Bupati Garut dalam acara, mrerupakan penyemangat dan motivasi bagi warga Desa Cisitu khususnya para pelaku seni, baik modern maupun tradisional.

“Apalagi ketika nanti, pencanangan Desa Wisata di kami sudah mulai, kami akan memperkenalkan seni budaya kearifan lokal. Dan ini menjadi pemicu semangat kami kedepan,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *