Peringati HUT RI, Warga Sukasenang Garut Gelar Makan Nasi Liwet Sepanjang 877 Meter

FOKUS493 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Di Kabupaten Garut, ribuan warga menggelar makan nasi liwet bersama di atas daun pisang yang digelar berjajar sepanjang 877 meter sesuai HUT Ke-77 pada bulan Agustus 2022 ini.

Sejak siang, warga memadati jalan di Kampung Cikarokrok RW09 Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, untuk mengikuti atau sekedar menyaksikan beragam perlombaan. Setelah seluruh perlombaan berlangsung, puncak acara pun digelar, yakni makan nasi liwet bersama di atas daun pisan.

Warga Sukasenang menyiapkan nasi liwet dari rumah masing-masing.

Nasi liwet yang dimakan bersama, dibawa sendiri oleh masing-masing peserta. Nasi liwet merupakan panganan khas Sunda yang juga jadi menu favorit warga di sana. Kemudian mereka saling berbagi lauk pauk dan nasi yang dibawa. Nasi liwet tersebut berisi ati ampela ayam, ikan asin, tahu, tempe, sambel lengkap dengan lalap-lalapan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga meramaikan acara makan bersama itu.

Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan, mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memupuk kebersamaan dengan cara yang sederhana namun sarat makna. Pasalnya, dengan kebersamaan dan gotong royonglah kemerdekaan di Indonesia bisa benar-benar terwujud.

“Kami hanya memfasilitasi, ini ide warga. Kami yakin, acara makan bersama dapat mempererat silaturahmi antara sesama warga. Dalam kesempatan ini juga kami ingin mengucapkan terima kasih kepada PT. Sido Agung yang telah memberikan lauk pauk berupa ati dan ampela ayam sebanyak 2,5 kwintal,” ujar Iwan Ridwan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *