Peringati HUT RI Ke-77 Bersama KKN Uniga, SDN 2 Karangmulya Malangbong Garut Gelar Lomba untuk Siswa

HARIANGARUTNEWS.COM – Memperingati HUT RI yang ke 77, SDN 2 Karangmulya Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut menggelar lomba pidato, menggambar, kaligrafi dan lagu kebangsaan, Kamis (18/08/2022).

Acara tersebut kolaborasi antara KKN Uniga dan kepala sekolah serta para guru di SDN 2 Karangmulya. Lomba yang digelar di ruang kelas tersebut diikuti para siswa-siswi kelas 1 sampai VI sekolah setempat.

Kepala SDN 2 Karangmulya, Dede Maskur S Pd, M Pd I, mengatakan, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77, di sekolah yang dipimpinnya digelar lomba untuk.para siswa, diantarannya, pidato, menggambar, kaligrafi dan menyanyikan lagu kebangsaan yang diikuti siswa kelas 1 sampai VI.

“Kegiatan untuk menggali potensi anak. Diantaranya ada lomba melukis yang bertemakan kemerdekaan, dan lomba menyanyi lagu wajib, lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hari Merdeka, Kaligrafi yang bertemakan keagamaan dan Alhamdulillah juga saat lomba pidato sudah kelihatan bakat-bakat yang dimiliki para siswa, dan nantinya akan dikembangkan,” papar Dede Maskur.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, kerjasama antara KKN Uniga dengan pihak sekolah dan selanjutnya juga program sekolah dan KKN adalah program pola hidup bersih di ruangan kelas, serta lingkungan sekolah.

“Program tersebut seminggu kebelakang diagendakan oleh tim KKN dengan kami, yang nantinya tim akan menilai kelas masing-masing,” kata Dede.

Masih kata Dede, para siswa dilombakan menyanyi lagu kebangsaan, bukan hanya sekedar menyanyikannya saja, tetapi ada tujan yang lebih dari itu. Diharapkan timbul rasa semangat cinta dan bangga menjadi bangsa Indonesia, para siswa cinta pada tanah airnya.

Sementara, Ketua tim KKN Uniga, Asep S Anwar mengatakan, dalam momentum HUT RI ke 77 saat ini, mahasiswa KKN Uniga ingin para siswa di SDN 2 Karangmulya paham bagaimana mengisi momen kemerdekaan dengan hal yang positif. Siswa juga paham dan tahu bagaimana perjuangan para pahlawan kemerdekaan dahulu, sampai mengorbankan jiwa dan raganya.

“Kemudian juga, adanya lomba untuk membuat anak-anak SDN 2 Karangmulya ini bahagia, ceria dan semangat, karena dua tahun kebelakang, belajar tatap muka tidak bisa dilakukan karena pandemi.

“Mereka ikut lomba, baik itu pidato, menyanyikan lagu kebangsaan, menggambar dan menulis kaligrafi. Agar kedepan juga mereka memiliki potensi dan prestasi,” beber Asep.

Salah satu siswa Kelas V, Risa Novalia Putri, mengungkapkan kebanggaannya karena dalam peringatan HUT RI, dirinya bisa mengikuti perlombaan yang digelar.

“Kami senang di sekolah ada lomba, beserta teman-teman sangat senang dan bergembira,” ucapnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *