Pemdes Cikarag Malangbong dan KKN Universitas Garut, Gelar Festival UMKM dan Budaya

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 tahun 2022, Pemerintahan Desa Cikarag Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, gelar Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan kreasi budaya di lapangan bola desa setempat, Rabu (17/08/2022).

Hadir dalam acara, Kepala Desa Cikarag, Jafar Sidiq dan perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, anggota BPD, LPM dan seluruh para Ketua RW dan RT serta warga masyarakat setempat.

Kepala Desa (Kades) Cikarag, Jafar Sidiq menyampaikan, kegiatan yang dilakukan bekerjasama denganKKN Uniga. Ia bersyukur bisa menyelenggarakan acara, apalagi tepat dalam momentum perayaan HUT kemerdekaan.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa menggelar Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan kreasi seni budaya, dan saya sebagai Kepala Desa Cikarag sangat terharu karena antusias warga menyambutnya dengan penuh rasa sukacita, pokoknya ini sangat luar biasa,” tuturnya.

Acara ini kata Jafar, berkat kerjasama dengan tim KKN Uniga yang sedang pengabdian kepada masyarakat di desanya. Kemudian dukungan seluruh lapisan masyarakat. Apalagi kata Jafar, digelarnya budaya sangat disambut gembira oleh warganya.

“Kami juga dari pemerintahan desa berbagi masker kepada warga yang berkunjung ke lokasi, untuk penerapan protokol kesehatan. Semoga kedepan Pemerintahan Desa Cikarag bersama warganya, sesuai tema “Cikarag Bangkit”, bisa maju dan berkembang, dari mulai UMKM-nya, dan termasuk seni budaya tambah bangkit,” harap Kades Cikarag.

Sementara, Ketua Tim Kelompok KKN Uniga, selaku Ketua Tim Pelaksana Festival UMKM dan Budaya Desa Cikarag, Ahmad Rizal, bangga dan bersyukur bisa berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam kegiatan, karena sejatinya ini adalah bentuk pengabdian mahasiswa ditengah masyarakat.

Kegiatan tersebut kata Ahmad Rizal, merupakan bentuk rasa syukur rakyat Indonesia yang kini telah merdeka 77 tahun, hasil jerih payah perjuangan pahlawan dahulu.

“Sekarang, tugas kita adalah bagaimana kita bisa memperjuangkan dari kebodohan dan kemiskinan. Makanya, tema yang kita ambil adalah ekonomi kuat dan masyarakat pun sehat, dalam pelaksanaan Festival UMKM dan budaya ini,” tutur Ahmad.

Menurutnya, mengisi momentum HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 dengan festival UMKM dan budaya, karena pasca Pandemi Covid-19 berdampak pada terpuruknya ekonomi di segala sektor, terutama prekonomian.

“Makanya dengan kegiatan ini, kami berharap bisa menjadi kesemangatan terutama dalam perekonomian di masyarakat itu sendiri, termasuk budayanya bisa dilestarikan dengan sebaik mungkin oleh kita semua,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *