Maksimalkan Pangan Lokal, DKP Garut Gelar Penanggulangan Stunting Melalui Asupan Gizi

FOKUS782 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Guna memaksimalkan penggunaan pangan lokal, Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menggelar kegiatan penanggulangan stunting dan mengedukasi pola asuh dan pola makan bagi 557 orang ibu balita yang mempunyai anak stunting di Kecamatan Limbangan, Singajaya, Banjarwangi dan Peundeuy.

“Stunting dapat dicegah dengan memperhatikan tiga hal yakni, merubah pola makan, pola asuh serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih. Hal ini kemudian menjadi perhatian DKP yang memfokuskan penanggulangan stunting pada poin pertama melalui peningkatan ketahanan pangan keluarga. Yakni, bagaimana keluarga memperoleh pangan secara terus-menerus, sehat, bergizi, aman, dan terjangkau sesuai standar asupan gizi,” ujar Kepala DKP Kabupaten Garut, Haeruman, Sabtu (13/08/2022).

Kepala DKP mengatakan, rogram penanggulangan stunting tersebut antara lain adalah peningkatan konsumsi dan keamanan pangan, ketersediaan dan kerawanan pangan, serta program pengembangan distribusi, stabilitasi dan cadangan pangan dalam bentuk kegiatan-kegiatan.

“Dalam kegiatan di Kecamatan Limbangan, Singajaya, Banjarwangi dan Peundeuy, kita melakukan pembagian telur, susu dan beras bagi 577 balita stunting sesuai standar pemenuhan gizi dan kesehatan keluarga. Stunting sendiri merupakan kondisi kurang gizi kronis yang disebabkan oleh minimnya asupan gizi dalam waktu cukup lama sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan bagi anak,” tandas Haeruman. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *