Jelang HUT Pramuka Ke-61, Ini Harapan Pendiri Unit SAR 0905 Garut

FOKUS483 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Tanggal 14 Agustus 1961 adalah hari gerakan Pramuka dilahirkan. Dan tahun ini, gerakan Pramuka telah berusia 61 tahun. Disela-sela pelepasan peserta kontingen Jambore XI Garut di lapangan Setda, Kamis (11/02/2022), Wakil Ketua Bidang Mitigasi Kebencanaan Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, Imat Ruhimat, pun berharap di HUT Pramuka ke-61 ini, Sumber Daya Manusia (SDM) kader-kader pramuka semakin berkembang.

“Memiliki SDM unggul, semakin loyal dan inovatif menuju Indonesia maju. Misalnya di Kwartir Cabang ada struktur terbaru yaitu menangani kebencanaan khusus di mitigasinya. Kita kerap menggelar sosialisasi tentang mitigasi supaya masyarakat kita khususnya dilingkungan pendidikan tangguh terhadap bencana,” ungkap Imat.

Menurut Imat, peningkatan SDM menjadi hal yang sangat penting, mengingat gerakan Pramuka adalah gerakan sosial yang memiliki peranan penting bagi kehidupan masyarakat. Di Kwarcab sendiri, kata Dia, sudah memiliki organisasi unit kegiatan yaitu Unit SAR 0905 yang berdiri tanggal 14 Agustus.

“Gerakan Pramuka menempatkan kita semua sebagai manusia yang tangguh, kuat, unggul dalam pengaktualisasikan diri untuk mengabdi. Kader-kader pramuka juga diharapkan semakin teguh dalam menjalankan Dasa Dharma Pramuka sebagai landasan berpikir, bergerak dan berbakti demi menjaga kebhinekaan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Menjelang peringatan HUT Pramuka Ke-61, Imat juga berharap Pramuka di Garut bisa berkembang dan mandiri sesuai AD/ART. Karena kata dia, Pramuka adalah patriot sejati yang pada dasarnya ingin mengembangkan generasi- generasi muda untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin yang handal. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *