Anggota Linmas di Malangbong Garut Ikuti Lomba PBB, Sekmat : Harus Disiplin dan Tegas karena Tupoksi Mereka Sangat Penting

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,350 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Mewakili Camat, Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Malangbong, Kabupaten Garut, Deden Munawar, S IP, M IP, membuka secara resmi Perlombaan Baris Berbaris (PBB) tingkat kecamatan, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 tahun 2022.

Kegiatan digelar di alun-alun kecamatan, Selasa (09/08/2022), yang dihadiri oleh unsur Forkopimcam termasuk anggota TNI-Polri, para kepala desa, dan anggota Linmas yang menjadi peserta se-Kecamatan Malangbong.

Sekmat Malangbong, Deden Munawar dalam sambutannya menyampaikan, dengan kegiatan yang digelar diharapkan tumbuhnya disiplin, patriotisme, tanggungjawab serta pembentukan sikap atau watak yang tegas dalam bertugas.

“Makanya kecamatan adakan perlombaan baris berbaris seluruh Anggota Linmas, arahnya ya seperti itu,” ujar Deden.

Deden menjelaskan, kaitan tugas pokok dan fungsi Linmas sendiri sudah jelas tertera dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 26 tahun 2020 tentang penyelengaraan ketertiban umum dan ketentraman perlindungan masyarakat. Bahwa Linmas Itu mempunyai tugas sebagai penyelenggara kaitan kebencanaan dan membantu memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta membantu dalam sosial kemasyarakatan.

“Tugas Linmas itu termasuk memelihara Kamtibmas dalam pemilihan kepala desa, kepala daerah atau pemilihan umum (Pemilu) juga membantu pertahanan negara, itulah fungsi Linmas,” jelas Deden.

Masih kata Deden, Linmas diharapkan harus jadi pelopor dalam pengamanan swakarsa ditengah-tengah masyarakat dan harus berbaur guna menciptakan situasi yang tertib, tentram dan aman, baik di wilayah desa ataupun di lingkungannya masing-masing.

“Kepada seluruh kepala desa agar bisa memperhatikan kebutuhan para anggota Linmas di desanya masing-masing, baik dari sarana prasarana, pakaian seragam termasuk kesejahteraannya. Karena peran serta Linmas sangat penting dalam menciptakan Kamtibmas dilingkungan masyarakat agar tetap kondusif,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *