Permudah dan Percepat Sistem Pelaporan Kebencanaan, BPBD Garut Gelar Kegiatan FGD

FOKUS311 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Sistem Informasi Kebencaan Terpadu (SIKAT) dan Pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITUPASNA) BPBD Kabupaten Garut.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan selama dua hari 5 sampai 6 Agustus 2022 tersebut dilaksanakan di Fave Hotel, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong kidul, Kabupaten Garut.

Kepala Pelaksanana (Kalak) BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi saat dihubungi melalui telepon WhatsApp pribadinya menyampaikan, kegiatan FGD yang dilaksanakan tersebut bertujuan Guna Mempermudah serta mempercepat sistem pelaporan Kebencaan.

“Sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan diakibatkan bencana sistem pelaporan yang diberi Akronim SIKAT ini dapat memudahkan serta menjadi strategi optimalisasi pengelolaan data dan informasi serta diharapkan dapat mempercepat proses pelayanan,” ujarnya, Sabtu (06/08/2022) siang.

Lanjut disampaikan Kalak BPBD, kegiatan tersebut di ikuti dari unsur OPD teknis pada Pemerintah Kabupaten Garut dan kecamatan yang mempunyai wilayah kerentanan bencana yang cukup tinggi. Penangganan dan koordinasi sehingga validitas pelaporan pun lebih cepat, akurat dan efektif.

“Sistem informasi tersebut merupakan salah satu gagasan pada proyek perubahan peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VIII LAN.RI Tahun 2022 yang kebetulan saya pribadi selaku Kalak BPBD menjadi bagian dari peserta Pelatihan tersebut, dan kesempatan itu pula peserta diberikan pembekalan JITUPASNA (Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana,” paparnya.

Tentunya, tambah Kalak BPBD Garut, diharapkan peserta ini sudah bisa memprediksi atau menyusun kebutuhan pasca bencana yang nantinya akan dijadikan bahan penyusunan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana (R3P) sebagai bahan bagi dinas teknis untuk percepatan pemulihan serta penanganan pasca bencana pada lokasi terdampak. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *