Jadi Narasumber Stadium General, Karnoto Minta KAMMI Garut Optimalkan Peran ‘Moral Force’ dan ‘Social Control’

FOKUS760 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam momen pelantikan Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PD KAMMI) Kabupaten Garut yang dihadiri Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman pada Minggu (31/07/2022), diselenggarakan Stadium General, KAMMI Garut menghadirkan tiga narasumber yakni Karnoto, S Kep M Si, perwakilan dari DPRD, Nunik Nurbayani M Pd, dari KPUD dan DR. Heri M. Tohari dari kalangan akademisi, dengan topik ‘Eksplorasi Kepemimpinan Mahasiswa dalam Menyukseskan Pemilu 2024.

Dalam paparannya Karnoto meminta mahasiswa sukseskan Pemilu 2024.

“Saya minta para aktivis mahasiswa turut mensukseskan Pemilu 2024 dengan jalankan peran sebagai ‘moral force’ dan ‘sosial control’, agar pemilu sukses dan berkualitas,” ujar Karnoto.

Ia menilai pergerakan mahasiswa yang netral dan belum terkontaminasi dengan berbagai kepentingan politik serta sarat dengan nilai-nilai tradisi kampus yang ilmiah, kritis, analitis, dan moralis religius, diharapkan mampu menjadi penguat sistem politik yang bermoral.

Mahasiswa juga, imbuh mantan aktivis KAMMI 98 ini, diharapkan menjalankan peran ‘sosial control’ agar Pemilu berjalan dengan sukses tanpa ekses, mengingat masih sering dijumpai dalam setiap momen pesta demokrasi adanya prilaku politik uang, adanya oknum aparatur pemerintah yang tidak netral, media masa yang partisan, prilaku medsos yang provokatif dan tidak bijak serta masih adanya prilaku politik yang berbau SARA.

Senada dengan narasumber lain, Nunik Nurbayani MPd, mengapresiasi KAMMI Garut yang mengambil topik Pemilu 2024 sebagai tema Stadium General.

“Saya atas nama KPUD Garut menyampaikan apresiasi pada kawan-kawan KAMMI yang telah mengundang dan menjadikan Pemilu 2024 sebagai tema diskusi, karena memang banyak yang perlu kami sosialisasikan terkait tahapan Pemilu dengan harapan semua pihak ikut terlibat dalam menyukseskannya,” jelas Nunik.

Nunik menyampaikan, perhelatan kontestasi politik akan kembali digelar. Para peserta dan penyelenggara pemilu, pilpres dan pilkada mulai konsolidasi dan koordinasi.

“Agar partisipasi politik masyarakat meningkat, pesta demokrasi pun bisa berjalan dengan lancar dan berkualitas, maka diperlukan sinergi dan kontribusi dari berbagai entitas politik dan elemen masyarakat. Dan KAMMI Garut telah menginisiasinya,” pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *