Peringati Hari Keluarga dan Hari Anak Nasional, Pemkab Garut Berikan Penghargaan Sekolah Ramah Anak kepada SMPN 1 Garut

FOKUS1,567 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut memberi penghargaan kepada SMPN 1 Garut yang dinilai telah menerapkan Sekolah Ramah Anak. Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman mengatakan penghargaan tersebut diberikan lantaran sekolah tersebut telah memberikan layanan terbaik di lingkungan sehingga anak merasa nyaman di sekolah.

“Hari ini kami memberikan penghargaan kepada SMPN 1 Garut yang dinilai telah menerapkan Sekolah Ramah Anak. Salah satu indikatornya adalah menuju kabupaten layak anak,” ujar Wakil Bupati Garut di sela-sela kegiatan Upacara Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke – XXIX dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Tahun 2022 di Lapangan Setda, Senin (25/07/2022).

Helmi mengatakan, piagam diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemkab Garut kepada SMPN 1 Garut yang sudah berusaha untuk memenuhi persyaratan Sekolah Ramah Anak. Sekolah Ramah Anak, kata Helmi, merupakan salah satu indikator penilaian untuk mencapai Kabupaten Layak Anak sebagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak di bidang pendidikan.

“Kami menghimbau sekolah yang belum mendapat predikat Sekolah Ramah Anak untuk berusaha lebih keras mendapatkannya. Hal tersebut penting karena salah satu tujuan disusunnya kebijakan Sekolah Ramah Anak adalah untuk dapat memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak, serta memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak serta mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, dan bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamaian,” pungkas Wakil Bupati Garut.

Kepala SMPN 1 Garut berfoto bersama guru dan siswa-siswi di lapangan Setda Kabupaten Garut, Senin (25/07/2022).

Pantauan hariangarutnews.com, sekolah yang menerima penghargaan tersebut hanya SMPN 1 Garut. Kepala SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana S Pd M Pd mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak mulai dari para guru, tenaga pendidik, komite sekolah, para orangtua/wali murid.

“Alhamdulillah berkat kekompakan semuanya pada tahun ini sekolah kami SMPN 1 Garut mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Ramah Anak. Kami akan terus mempertahankan predikat tersebut, dimana sekolah hadir sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi siswa. Sehingga siswa merasa terlindungi dan jauh dari hal yang bersifat perundungan atau bullying, diskriminatif dan lainnya,” ungkap Kasek SMPN 1 Garut.

Aceng menambahkan, pihaknya akan terus berusaha agar anak didiknya merasa aman dan nyaman di sekolah. Menyediakan ruang lingkup untuk beribadah anak-anak serta menjadi layak dan menciptakan kenyamanan bagi anak didik, tutupnya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *