Gelar Penanaman bersama DKKG, Bupati Sebut Pohon Samida Akan Jadi Ikon Garut

FOKUS758 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pohon Samida akan dijadikan sebagai ikon di Kabupaten Garut, hal ini diungkapkan Bupati Garut Rudy Gunawan saat melaksanakan kegiatan penanaman pohon bersama Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) Garut di Komplek Gedung Pendopo, Rabu (22/6/2022).

“Kami akan jadikan ikon Garut dan ini jadi icon Garut karena kami ada khususnya yaitu Kampung Samida yang ada di Selaawi,” kata Bupati Garut.

Rudy mengatakan, pohon samida ini memiliki manfaat yang luar biasa sebagai simbol pohon yang dianut oleh Prabu Siliwangi. Garut sendiri, merupakan salah satu bagian dari wilayah kekuasaan Prabu Siliwangi yang dianggap oleh orang-orang sunda sebagai suatu simbol spiritnya orang Jawa Barat.

“Dan kami mempunyai fatsun ya terhadap Prabu Siliwangi, terhadap Prabu Kiansantang yang makamnya ada di Garut sebagai putra Prabu Siliwangi,” lanjutnya.

Menurut Rudy, manusia dan alam mempunyai hubungan timbal balik atau hubungan mutualisme yang saling menguntungkan yang memerlukan banyak hal dari alam, begitupun sebaliknya, yaitu alam, membutuhkan manusia sebagai penjaganya.

“Tapi juga lingkungan harus dijaga karena air itu tersimpan di akar-akar, jadi air itu tidak datang dengan sendirinya, ketika ada mata air dari Cikahuripan itu pasti air itu berasal dari suatu datang yang lebih tinggi yang disimpan ketika musim kemarau itu dikeluarkan di gurat-gurat atau jalur-jalur air,” kata Rudy.

Ia menambahkan, pohon samida sendiri memiliki nilai ekonomis. Di Kabupaten Garut sendiri terdapat perusahaan kultur jaring yang berada di Karangtengah, yaitu PT. AIMS.

“Nah kami mencoba nanti lihat ada ini dibuatin kultur jaring, pemda nanti akan menganggarkan untuk membuat membeli yang seperti ini ditanam di beberapa tempat tapi harus dipulasara karena ini bukan pohon sembarangan,” tandasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *