Simbolis Penanaman Seribu Pohon, Warnai Pelantikan 18 Pengurus DPK Apdesi di Kabupaten Garut

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,387 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) sebagai suatu oranganisasi atau wadah berhimpunnya seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Garut diharapkan menjadi mitra strategis pemerintah daerah untuk membangun dan memajukan daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPC Apdesi Kabupaten Garut, H Isep Basir, saat memberi sambutan pada Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Apdesi se-Kabupaten Garut, di Pasirciung Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Jum’at (10/06/2022).

“Saya berharap organisasi ini bisa menjadi mitra yang strategis bagi pemerintah dalam menyusun rencana-rencana kerja untuk membangun Kabupaten Garut yang lebih baik dan masyarakatnya semakin sejahtera di masa yang akan datang,” ujar H. Isep Basir.

Lebih lanjut, Isep Basir mengatakan, Apdesi juga sebagai wadah untuk para kepala desa dalam menyampaikan aspirasi, saling berbagi, bertukar pikiran dan berdiskusi menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Jadi Apdesi ini adalah wadah menjadi jembatan kita untuk menyampaikan permasalahan yang harus kita suarakan untuk kebaikan desa dan wilayah Kabupaten Garut yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Asep Haris, M Pd, menyampaikan, usai rangkaian acara pelantikan 18 pengurus DPK Apdesi, acara dilanjutkan dengan acara penanaman pohon penghijauan dari jenis tanaman keras buah buahan pada area Pasirciung.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya bersama-sama para pengurus DPK Apdesi untuk menghijaukan kembali areal tersebut.

“Hari ini kita menanam seribu pohon buah buahan secara simbolis, Ini gerakan berkelanjutan. Sebelumnya kita juga intens menggelar penanaman pohon, dan akan terus berlanjut. Ini adalah wujud nyata DPK Apdesi Sukaresmi yang bekerjasama dengan DPC Apdesi kabupaten Garut, bahwa seluruh pengurus harus konsisten merawat, termasuk dengan terus menanam pohon,” ujar Asep Haris.

Asep Haris mengajak ratusan para kepala desa yang hadir untuk menanam pohon di areal Pasirciung. Menurutnya, pohon-pohon ini dipilih lantaran dikenal memiliki banyak manfaat dalam menjaga kualitas lingkungan.

“Pohon buah buahan ini bisa mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sekaligus bisa bertugas memperkuat daerah tangkapan air dan kemudian juga melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar, selain itu saat hujan tiba, tanah dan akar akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air,” pungkasnya.

Pantauan hariangarutnews.com, sebanyak 18 Pengurus Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Apdesi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua DPC Apdesi Kabupaten Garut.

Turut hadir dalam acara, perwakilan BJB Cabang Garut, Kabid Pemdes DPMD Garut, Idad Badrudin SE, Ketua DPD Apdesi Jawa Barat, Dede Kusdinar, unsur Forkopimcam Sukaresmi dan sejumlah pejabat lainya. (Adam Bagaskara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *