Tinjau Kegiatan Cek Kesehatan Mata Siswa SD di Limbangan Garut, Anggota DPR RI Fraksi PPP Berikan Bantuan Kacamata

HARIANGARUTNEWS.COM – Anggota Dewan Perwakikan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi IX, Fraksi-PPP, Hj Nurhayati tinjau langsung kegiatan pengecekan kesehatan mata dan pembagian bantuan kacamata bagi siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1, 2 dan 3 Neglasari Kecamatan Bl. Limbangan Kabupaten Garut, Jum’at (10/06/2022).

Pengecekan kesehatan mata bagi para siswa-siswi tersebut dilakukan oleh tim medis UPT Puskesmas Limbangan diruang kelas sekolah yang langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr Maskut Farid, anggota DPRD Garut Fraksi PPP, Ade Husna S Pd I, MM Pd, Ayi Suryana dan Dila Nurul Fadilah SE, Kepala Puskesmas dr Firman Herlambang, Korwil Bidang Pendidikan H. Nanang Kamaludin, IP, M Si, Kepala Desa Neglasari Aceng Alimin, Kepala SDN 1 Neglasari, Asep Ohan S Pd, M Pd dan guru-guru dari SDN 1 ,2 dan 3 Neglasari.

Usai acara, Anggota DPR RI Hj Nurhayati mengatakan, kesehatan mata sangatlah penting apalagi siswa-siswi yang masih dalam jenjang pendidikan khususnya di SDN Neglasari Limbangan. Makanya, kata dia, pihaknya membawa tim dan sinergi bersama tim medis menggelar pemeriksaan kesehatan mata bagi para siswa.

Dalam kesempatan tersebut, Hj Nurhayati menyebutkan, pihaknya menggandeng perusahaan dengan program Corporate Sosial Responsbility (CSR)-nya dari Jakarta yang memberikan bantuan kacamata bagi siswa setelah diperiksa secara medis ada keluhan dan harus menggunakan kacamata.

“Kita melihat begitu pentingnya kesehatan mata bagi anak-anak terutama, karena anak-anak tersebut adalah masa depan dan generasi bangsa. Mereka itu harus melihat dengan jelas ketika mereka mau membaca,” tutur Nurhayati.

Menurutnya, tren peningkatan orang berpenyakit mata banyak terjadi, apalagi pasca pandemi Covid-19, para siswa banyak belajar dirumah dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Jaringan (Daring). Peningkatan aktivitas para siswa lebih banyak melihat gadget dalam keseharian belajar.

“Makanya kesehatan mata ini harus menjadi perhatian kita semua, karena banyak sekarang ini keluhan mata, seperti mata kering dan berair. Sehingga ada peningkatan dalam penggunaan kacamata. Mata ini kan jendela dunia, kita bisa melihat keindahan, apapun itu yang jelas kita harus merawat, menjaga sebaik mungkin,” terangnya.

Nurhayati menyebutkan ada sekitar 200 kacamata yang akan dibagikan dalam program CSR tersebut.

“Yang terdeteksi di sekolah ini tadi ada 3 siswa, sisanya nanti untuk sekolah lain atau bisa juga untuk lansia, bila perlu guru-gurunya juga bisa di cek kesehatan matanya,” katanya.

Ia berharap, banyak lagi yang melakukan program tersebut karena betapa pentingnya kesehatan mata.

“Mata itu penerang dalam penglihatan dan pastinya sangat besar manfaat bagi kita semua, apalagi anak anak siswa sebagai generasi bangsa termasuk kita semuanya,” kata Hj Nurhayati.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Garut, dr Maskut Farid mengatakan, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan, karena memang kesehatan mata sangat penting dan harus dijaga, apalagi para siswa yang masih dalam jenjang pendidikan.

“Harus dideteksi sedini mungkin, apabila ada keluhan atau kelainan jangan dibiarkan sehingga berdampak lebih berat, cepat diperiksa dan diobati supaya normal kedepannya, dan siswa ini bisa menyerap ilmu dengan baik,” terang Maskut.

Kadinkes Garut juga berharap, program kegiatan tersebut kedepannya bisa dilakukan di tempat-tempat lain di Kabupaten Garut.

Sementara, Korwil Pendidikan Kecamatan Cibatu, H Nanang Kamaludin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota DPR RI Faksi PPP dan semua pihak yang telah menggelar kegiatan untuk kepentingan para siswa terkait kesehatan mata serta adanya bantuan kacamata bagi siswa yang terdeteksi gangguan penglihatannya.

“Mata itu perlu kita rawat sebaik mungkin apa lagi sewaktu pembelajaran daring. Karena memang betul sekali anak-anak ini adalah generasi penerus bangsa,” ujar Nanang.

Harapan sama disampaikan Nanang, program ini bukan hanya di SDN Neglasari saja, termasuk sekolah-sekolah dasar yang ada di Kecamatan Limbangan umumnya di Kabupaten Garut dan juga termasuk guru guru dan para komite. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *