Besok, Gebyar Pesona Budaya Kembali Digelar di Alun-Alun Garut

GARUT KOTA1,447 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Setelah hampir dua tahun terakhir tak digelar akibat merebaknya wabah Covid-19 di Kabupaten Garut, tahun ini Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) kembali dihelat dan akan dilaksanakan pada Sabtu (04/05/2022) besok di Alun-Alun Garut, Kecamatan Garut Kota. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gan Gan di kantornya.

“Alhamdulillah mudah-mudahan besok tanggal 4 Juni kita akan melaksanakan Gebyar Pesona Budaya Garut. Kegiatan festival ini adalah kegiatan budaya yang sudah dilaksanakan selama hampir 20 tahun, karena kemarin terpotong oleh pandemi akhirnya kita bisa melaksanakan kembali,” ujar Kadisparbud Garut.

Tahun ini GBPG, imbuh Budi Gan Gan, temanya sesuai dengan Hari Jadi Garut (HJG) ke – 209, yakni “Garut Waluya Manjing Digjaya”, yang selaras dengan semangat menyongsong masa depan yang gemilang.

“Semangatnya itu adalah semangat kebangkitan, kemarin kita sudah sedikit dan sudah banyak mengalahkan pandemi yang kemarin kita lalui, jadi sekarang kita gelorakan semangat bahwa orang Garut adalah seorang petarung, kita sangat kuat. Oleh karena itu kita buktikan masyarakat Garut punya semangat untuk memajukan daerah tidak hanya di bidang ekonomi tapi di seluruh bidang kehidupan,” ucapnya.

Kadisparbud memaparkan Gebyar Budaya ke-18 ini berkonsep seperti festival, dengan sasarannya adalah terjadinya spending money_, karena dalam kegiatan tersebut disediakan juga tenda untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menenangah (UMKM) yang ada di Kabupaten Garut.

“Salah satunya yang menjadi indikatornya itu adalah berapa jumlah pelaku usaha yang terlibat di dalam kegiatan festival ini, terus yang kedua berapa target jumlah pengunjung yang akan datang dalam kegiatan ini, yang ketiga adalah berapa spending money yang beredar pada saat festival ini berjalan, itu yang menjadi target kita,” katanya.

Guna menyukseskan acara ini, lanjut Kadisparbud Garut, pihaknya juga melibatkan pihak lain, salah satunya juga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, karena menurutnya gebyar pesona budaya ini merupakan kegiatan milik semua pihak.

“Walaupun pada intinya kita tidak bisa semuanya terlibat, karena dengan keterbatasan anggaran, keterbatasan waktu, dan sebagainya, jadi mudah-mudahan di tahun 2023 kita bisa besar lagi seperti tahun-tahun sebelumnya,” lanjutnya.

Dalam acara yang biasanya menjadi agenda tahunan Disparbud Garut ini, akan ada beberapa penampilan yang tersaji, mulai dari pergelaran tari kreasi hingga prosesi seni budaya “Garut Waluya Manjing Digjaya” yang melibatkan 100 penari dari siswa dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Garut.

“Prosesi seni budaya ini diikuti oleh lebih dari 100 orang, itu terdiri dari para siswa dan mahasiswa yang terlibat, dan kami sudah latih beberapa bulan, mereka supaya bisa tampil dengan tema yang tadi “Garut Waluya Manjing Digjaya”, jadi tema itulah yang dijadikan sebagai aransemen dalam kegiatan prosesi tersebut,” ungkap Budi Gan Gan.

Meski pelaksanaan kegiatan GPBG ini digelar di tengah-tengah pelonggaran protokol kesehatan dan Kabupaten Garut berada dalam Level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa – Bali, imbuh Budi Gan Gan, pihaknya tetap akan menerapkan prokes yang ketat, dan mewajibkan setiap masyarakat yang datang untuk menggunakan masker.

“Kami akan usahakan nanti penonton itu yang datang itu mereka itu wajib bermasker, kami akan minta bantuan ke dinas kesehatan untuk meminta masker, nanti pada saat acara itu dimulai kalau orang yang tidak bawa masker kami akan operasi dan mereka supaya pakai masker, itu menjadi salah satu kenapa karena protokol kesehatan itu betapa pentingnya untuk menjaga keamanan kita bersama,” imbuhnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini bisa menjadi momentum kebangkitan kebudayaan dan ekonomi di Kabupaten Garut, yang selama dua tahun terakhir cukup terpuruk akibat adanya pandemi Covid-19 yang melanda kota berjuluk Swiss Van Java ini. Budi pun mengajak seluruh masyarakat dan wisatawan untuk datang menyaksikan perhelatan festival tahunan ini.

“Pada kesempatan ini, saya selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Garut dimana nanti tanggal 4 Juni 2022 jam 20.00 kami akan menyelenggarakan Festival Gebyar Pesona Budaya Garut, kami mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Garut dan juga para wisatawan yuk kita nikmati acara festival ini,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *