Siap Sinergi dan Kolaborasi, FPSH HAM Kabupaten Garut Gelar Audiensi dan Tour di Lapas Kelas II B Garut

FOKUS914 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Enam orang perwakilan Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH) dan Hak Azasi Manusia (HAM) Kabupaten Garut, Kamis (19/05/2022), melakukan audensi dan diskusi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Garut.

Didampingi Koordinator Wilayah FPSH HAM Kabupaten Garut, Salma Siti Ningrum beserta Pengurus Harian, kunjungan Pembina FPSH HAM Provinsi Jawa Barat, Hasbullah Fudail, SH, M.Si diterima langsung oleh Kalapas Garut, Iwan Gunawan Wahyudi, A.Md.IP.,SH dan jajaran Lapas II B Garut.

“Saya sangat senang dan mengapresiasi dan berharap FPSH HAM Garut dapat berkontribusi dan kerja sama dengan Lapas Garut dalam rangka pembinaan warga binaan, dan sosialisasi mengenai pembinaan Lapas Garut,” ujar Kalapas Garut, Kamis (19/05/2022).

Kegiatan tersebut diisi dengan diskusi dan selayang pandang terkait pembinaan kemasyarakatan di Lapas II B Garut, termasuk bagaimana pelayanan publik yang berbasis HAM bisa dinikmati oleh seluruh warga binaan tanpa terkecuali. Kalapas menuturkan bahwa dewasa ini tidak ada lagi istilah “pemenjaraan” atau “balas dendam” tetapi yang ada adalah pembinaan bagi warga warga binaan tersebut. Selain itu, perwakilan Duta Hukum juga dibekali wawasan terkait pelayanan yang ada di Lapas dan adanya berbagai program pembinaan bagi warga binaan.

“Ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami, mendapatkan informasi yang begitu luar biasa yang bisa dikatakan memecahkan stigma negatif diluaran sana terhadap Lapas. Tentunya ini menjadi tugas bersama untuk saling bersinergi, jika Lapas mungkin bertindak sebagai upaya represif, maka forum kami berada di upaya preventifnya,” tandas Koordinator Wilayah FPSH HAM Kabupaten Garut.

Sementara, selaku Pembina FPSH dan HAM Jawa Barat, Hasbullah Fudail, menyampaikan, pihaknya menitipkan Duta Hukum dan pengurus FPSH HAM Garut kepada Lapas untuk dibimbing dan diberdayakan dalam rangka memupuk kesadaran hukum di Garut.

Kegiatan dilanjutkan dengan tour di Lapas Kelas II B Garut, mulai dari melihat Blok Warga Binaan, Bimter, Perpustakaan, Klinik, hingga Dapur.

“Betul betul seperti yang disampaikan oleh Pak Kalapas tadi, bahwa warga binaan diperlakukan seperti manusia pada umumnya dengan menjungjung tinggi HAM yang mereka miliki. Mereka tidak dikekang, tetapi dibina agar bisa kembali hidup lebih baik dan bermanfaat,” ungkap Salam Siti Ningrum kepada wartawan.

Dia melanjutkan, dengan semangat kolaborasi dan sinergi, FPSH HAM Garut dan Lapas II B Garut tentunya siap melakukan kolaborasi dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum HAM di Kabupaten Garut melalui kegiatan yang akan dilakukan kedepannya.

“Mudah mudahan ini menjadi awal silaturahmi yang baik untuk kami. Karena kami yakin kita sama sama mempunyai niatan yang sama untuk membangun Kabupaten Garut yang sadar hukum dan menjunjung tinggi HAM,” pungkas Salma. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *