Kasat Binmas Polres Garut Lantik Pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Cisewu

FOKUS, HALO POLISI639 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Cisewu Resor Garut, Kamis (24/02/2022), resmi dilantik. Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono S.I.K, M.SI melalui Kasat Binmas Polres Garut, AKP Didi Sutardi SH meminta mereka yang baru dilantik senantiasa merawat kebersamaan. Diketahui, 25 Pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Cisewu telah resmi dilantik, dengan ketua terpilih Hilman S.S.I.Pust, dari 9 Sub Sektor yang ada di wilayah hukum Polsek Cisewu.

Kasat Binmas Polres Garut, AKP. Didi Sutardi SH

Menurut Kasat Binmas, kebersamaan dalam sebuah organisasi sangat penting karena akan melahirkan sebuah energi yang kuat dalam menjalankan, memikirkan, dan melaksanakan berbagai kegiatan bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat secara bersama-sama.

“Saya menyampaikan selamat kepada pengurus Pokdarkamtibmas yang baru saja dilantik dan dikukuhkan. Saya berharap Pokdarkamtibmas pada kepengurusan baru ini mampu memperkuat sistem di dalam organisasi dan meningkatkan soliditas dan lolatisa tinggi terhadap organisasinya,” ucap Kasat Binmas dalam sambutannya di Aula Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Kamis (24/02/2022).

Ketua Pokdarkamtibmas Polres Garut, Igie N. Rukmana, S. Kom

Meski prosesi pelantikan digelar dengan undangan terbatas karena masih dalam pandemi Covid-19, namun orang nomor satu Satbinmas Polres Garut ini berharap mereka tidak boleh kendor dalam menggagas program-program kerja bermanfaat.

“Meski pelaksanaan pelantikan dengan undangan terbatas, tetapi saya melihat semangatnya itu luar biasa. Ini adalah semangat pantang menyerah, semangat rela berkorban, semangat untuk melakukan segala sesuatu yang baik untuk daerah,” harapnya.

Kasat Binmas Polres Garut Serahkan SK Pokdarkamtibmas Sektor Cisewu

Lebih jauh AKP. Didi mengatakan, pelantikan pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Cisewu merupakan momentum, motivasi, kesepakatan dan komitmen bersama untuk menciptakan Kamtibmas yang semakin baik.

“Rasa aman adalah kebutuhan dasar masyarakat, jadi bagian dari tugas pokoknya bersama jajaran terkait memastikan kondusivitas di wilayah Kecamatan Cisewu. Sebagus-bagusnya menjaga tubuh, harus tetap menjaga kesehatan, dan rasa aman adalah kebutuhan manusia yang paling mendasar,” kata Kasat Binmas.

Maka itu, lanjut Dia, fungsi kepolisian harus melekat di masyarakat, juga pada kelompok masyarakat seperti Pokdarkamtimas. Pokdar adalah suatu organisasi yang di bentuk oleh Polri, dengan langkah kerja nyata, serta mendukung Polri dalam menjaga NKRI.

Camat Cisewu Heri S.PKP, sampaikan apresiasi dan sambutan

“Saya berharap, pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Cisewu yang baru dilantik terus bersemangat untuk bersama-sama menertibkan, memperjuangkan, menjadi motivator, memberikan motivasi, membimbing, merangkul, mengarahkan dan medidik masyarakat,” pungkasnya.

Sementara dalam sambutannya, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut, Igie N. Rukmana S.Kom, menyampaikan terima kasih kepada Kasat Binmas Polres Garut yang telah hadir dalam kegiatan pelantikan pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Cisewu. Ia berharap dengan dilakukannya pelantikan kepengurusan Sektor Cisewu periode 2022-2025 ini, keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat semakin kondusif.

“Terima kasih banyak kepada Bapak Kasat Binmas Polres Garut dan Kanit Sabhara Polsek Cisewu. Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Semoga kepengurusan ini bisa berupaya mewujukan kesadaran hukum di tengah masyarakat. Dengan pelantikan ini kami berharap kepada pengurus sektor Cisewu untuk memelihara apa yang kita emban ke depan,” ungkap Igie N. Rukmana.

Igie mengungkapkan, keberadaan Pokdarkamtibmas bukanlah bentuk dari Ormas, LSM, maupun Organisasi Politik, akan tetapi kelompok ini lahir dari rahim instutsi Polri yang diharapkan mampu menyelesaikan setiap masalah sejak dini sebelum berkembang meluas menjadi gangguan keamanan dan ketertiban bagi masyarakat. Dikatakan Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut, bahwa selama ini Pokdarkamtibmas yang ada di wilayah Kabupaten Garut kerap terlibat dalam berbagai kegiatan masyarakat untuk membantu tugas-tugas Kepolisian.

“Pokdarkamtibmas Garut telah menjalankan peranannya dengan menggiatkan Siskamling, menangani dan menyelesaikan masalah sosial dengan didampingi Bhabinkamtibmas setempat, menjadi relawan penanganan Covid-19, kampanye Prokes, mendorong percepatan vaksinasi, maupun melaksanakan bhakti sosial dalam membantu warga yang terkena dampak musibah bencana alam,” tandasnya.

Disela-sela sambutannya Igie mengucapkan selamat dan sukses kepada para pengurus yang sudah dilantik.. Dirinya berharap, pengurus Pokdar Cisewu harus senantiasa hadir ditengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran hukum, bangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat, kelompok atau komunitas untuk menegakan supermasi hukum sebagai panglima, pungkasnya.

Selanjutnya dalam acara tersebut Camat Cisewu, Heri S.PKP juga memberikan kata sambutan dan arahan kepada anggota Pokdarkamtibmas Sektor Cisewu. Camat berharap, semoga pengurus Pokdarkamtibmas yang dilantik dapat menjadi teladan di masyarakat sebagai Mitra Polri dalam mensosialisasikan serta mengedukasikan mengenai pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat khusus nya di wilayah hukum Kecamatan Cisewu.

“Seperti yang disampaikan Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut, Pokdarkamtibmas merupakan salah satu sayap pergerakan Polri yang bertujuan untuk menertibkan keamanan dan ketertiban yang ada di masyarakat. Saya berharap kepada semua pengurus dan anggota Pokdarkamtibmas Sektor Cisewu untuk selalu bersinergi bersama dengan semua elemen yang ada di instansi pemerintahan Kecamatan Cisewu seperti organisasi kepemudaan (OKP), serta dapat menjadi teladan di masyarakat, juga dapat menjadi duta keamanan di Kecamatan Cisewu, kemudian mari kita bersama-sama untuk mensosialisasikan ke masyarakat mengenai pentingnya penjagaan Protokol Kesehatan (Prokes) untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” tutur Camat Cisewu.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini antara lain Kapolsek Cisewu, AKP. Riyanto, Camat Cisewu, Heri S.PKP, Danramil 1123 Cisewu, Kapten Arh Edi Waryanto diwakili Sertu Taslim, Kanit Samapta Polsek Cisewu, Aiptu Dik Dik, Ketua Apdesi Kecamatan Cisewu, Kepala Desa Cisewu, Cecep, Ketua MUI, Ketua Dai Kamtibmas, Ketua KNPI, Satgas Covid-19 Puskesmas Cisewu, Andi Aziz AMK, Pengurus Pokdarkamtibmas Resor Garut, Pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu, Garut Kota, Bayongbong, Caringin, Ketua dan anggota Pokdarkamtibmas Cisewu yang dilantik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *