Pastikan Kesiapan Sarpras, Wakil Bupati Garut Tinjau Rumah Sakit Malangbong

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut Helmi Budiman didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr Maskut Farid MM, anggota DPRD Garut Fraksi PKS, Karnoto, kunjungi Rumah Sakit Malangbong yang sementara waktu sebelum diresmikan, ditempati oleh para petugas tenaga kesehatan (Nakes) puskesmas wilayah kerja Malangbong.

Kedatangan Wakil Bupati Garut beserta rombongan disambut unsur Forkopimcam Malangbong dan turut hadir Kepala Puskesmas Malangbong dr Asep Juanda, Kasatlantas Polres Garut AKP Karyaman, Kepala Desa Sukamanah Aten, dan para petugas kesehatan puskesmas.

Usai gelar kunjungan, Wakil Bupati dr Helmi Budiman kepada awak media mengatakan, bahwa para tenaga medis Puskesmas Malangbong dalam masa transisi ini sementara ditempatkan di rumah sakit tersebut sebelum peresmian. Terkait peresmian, Helmi menyebutkan, harus semua sarana prasarana di rumah sakit tersebut sudah siap digunakan.

“Nanti kira-kira harus sudah semuanya dilengkapi seperti halnya air, dipastikan harus semua lancar dan beres,” ujar Helmi.

Helmi menyebutkan, apabila semua sarana prasarana (Sarpras) rumah sakit sudah dalam kondisi siapa digunakan dan tidak ada kendala atau berfungsi baik. Peresmian akan dilangsungkan dua minggu kedepan, sekitar awal Pebruari 2022.

“Terkait Alkes juga sama kita bertahap seperti halnya oksigen kita rencanakan sentral ternyata ini banyak yang harus lengkapi. Maka kita sekarang bisa menggunakan dgn manual dulu, termasuk alat operasi juga. Jadi kita ingin sambil berjalan dan dipenuhi kekurangannya, termasuk yang belum itu ruang OK masih kosong, meja dan lampu serta alat-alat operasi pun belum ada. Kalau untuk operasi ringan sudah bisa di UGD,” terang Wabup.

Ditempat yang sama, hal senada diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr Maskut Farid MM. Tentunya kata Maskut, secepat mungkin rumah sakit di Malangbong tersebut bisa segera beroperasi melayani warga masyarakat di willayah Garut Utara khususnya Kecamatan Malangbong.

Terpisah, Kepala Puskesmas Malangbong dr Asep Juanda, menuturkan, kebijakan penempatan sementara tenaga medis puskesmas di rumah sakit Malangbong dinilai tepat. Apalagi kata dia, puskesmas yang ada kurang representatif dalam segi sarana prasarana pelayanan kesehatan.

“Mudah-mudahan para tenaga kesehatan yang ada bisa dimaksimalkan dalam tugas dan fungsinya, bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan pelayanan setingkat rumah sakit,” tuturnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *