Wabup Garut Resmikan Polindes Desa Dayeuhmanggung Cilawu

SEPUTAR GARUT702 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman meresmikan Gedung Polindes (Pos Bersalin Desa) di Desa Dayeuhmanggung, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Selasa (11/1/2022).

Gedung Polindes Desa Dayeuhmanggung dibangun di atas lahan seluas 34 meter persegi dengan menghabiskan dana sekitar 80 juta rupiah yang berasal dari Dana Desa, dan didirikan atas inisiasi Kepala Desa Dayeuhmanggung Kecamatan Cilawu bersama masyarakatnya.

Wabup Garut mengapresiasi Kepala Desa Dayeuhmanggung yang telah berinisiatif meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya untuk ibu hamil di Desa Dayeuhmanggung dengan menyediakan Polindes.

“Dan tentu ini adalah sebuah awal prestasi, karena beliau adalah kepala desa yang baru, ini baru awal prestasi, nanti mungkin lebih besar dari ini, selamat kepada kepala desa, (kalau) sekarang tingkat Polindes, nanti mah (kayaknya membangun) Pustu, ke depannya lagi mungkin gedung pertemuan dan sebagainya,” ucap Wabup Garut.

dr. Helmi berharap, dengan adanya Polindes ini bisa menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI/AKB) yang masih tinggi di Kabupaten Garut, terlebih urusan ini memerlukan usaha bersama.

“Jadi bapak ibu sekalian memang, Angka Kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Garut masih tinggi, nah ini memerlukan (usaha) kita bareng-bareng, kita sama-sama, _abringkeun_ kesini (perempuan) yang hamil (untuk diperiksa),” katanya.

Wabup berpesan kepada warga Desa Dayeuhmanggung untuk tetap memelihara bangunan Polindes agar tetap terawat dengan baik.

“Tolong ini dipelihara karena kalau membangun itu semangat kalau memelihara biasanya sudah turun semangatnya. Nah ini bu bidan ini dipergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat,” tandasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *