Bupati Garut Apresiasi Orangtua Murid dan Siswa di SDN Pamekarsari Banyuresmi Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19

HARIANGARUTNEWS.COM – Mengenakan seragam sekolah, sejak pagi anak-anak mengantre di halaman SDN Pamekarsari 4, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Setelah melalui tahapan skrining, mereka langsung mendapatkan suntikan vaksin jenis Sinovac. Anak-anak yang sudah berusia 6-12 tahun ini juga mendapatkan bukti vaksin yang dicetak dengan barcode. Siswa terlihat antusias saat akan mengikuti vaksinasi.

Kepala Sekolah SDN Pamekarsari 3 dan 4, Yadi Kusmayadi kepada hariangarutnews.com, Rabu (05/01/2021) mengatakan, pemerintah sangat fokus dengan ini. Apalagi saat penyebaran virus Covid-19 semakin massif dan mudah menyerang anak-anak. Hak anak tetap harus diberikan. Namun tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan anak. Oleh karena itu, orangtua siswa wajib mendampingi, tukasnya.

“Kita akan terus gencarkan vaksinasi covid-19 usia 6-11 tahun, agar siswa mempunyai kekebalan tubuh. Dalam kegiatan ini kami memang mewajibkan para orangtua siswa mendampingi putra-putrinya, karena mereka yang tahu riwayat penyakit yang mungkin bisa dikonsultasikan dengan tenaga medis. Ada 84 siswa yang kita vaksinasi dosis pertama pada hari ini,” ujar Yadi, yang juga aktif sebagai Pengurus Penggiat Anti Narkoba dan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut ini.

Kepala Sekolah SDN Pamekarsari 3 dan 4, Kecamatan Banyuresmi, Yadi Kusmayadi.

Yadi mengungkapkan, dalam kegiatan vaksinasi anak ini pihak sekolah berkolaborasi dengan UPT Puskesmas Sukasenang, jajaran tiga pilar serta intansi terkait. Orangtua murid, kata yadi, terlihat antusias mendampingi siswa-siswi yang akan divaksin. Dia berharap, semoga kegiatan ini bisa lancar dan masyarakat terus mendukung program herd immunity. Vaksinasi dilaksanakan dengan tertib dan rapi dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat supaya siswa tidak berkerumun.

“Siswa yang divaksin hanya perlu membawa fotokopi kartu keluarga (KK) untuk menginput data. Setelah itu mereka diskrining seperti sasaran vaksinasi pada umumnya. Mulai dari tekanan darah sampai riwayat penyakit,” terang Yadi Kusmayadi.

Kegiatan vaksinasi covid-19 yang digelar di SDN Pamekarsari 4, Kecamatan Banyuresmi tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Garut, Rudy Gunawan.

“Saya mengapresiasi kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi siswa-siswi di SDN Pamekarsari Banyuresmi serta sekolah lainnya dalam upaya mendorong percepatan vaksinasi nasional, khususnya dikalangan pelajar,” papar Bupati Garut.

Ia menambahkan, ini harus menjadi role model, hendaknya dapat di ikuti oleh sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Garut untuk dapat melaksanakan vaksinasi Covid-19.

” Ini juga menjadi evaluasi sejauh mana Pemkab Garut mempercepat vaksinasi Covid-19, khususnya dikalangan sekolah, sehingga target hasil pencapaian tidak berbeda jauh dengan TNI/Polri,” timpalnya.

Terkait dengan antisipasi munculnya cluster baru penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Garut telah membuat kebijakan dan langkah-langkah strategis, termasuk memperketat PTM dibuka kembali, dan menginstruksikan penyemprotan mandiri disinfektan secara berkala, pungkasnya. (Igie/Jep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *