Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas Sekolah, Bupati Garut : Perhatikan dan Selesaikan Masalah Siswa Miskin

FOKUS986 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut H Rudy Gunawan meminta para pengawas sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut untuk intens memperhatikan para siswa di sekolah-sekolah, terutama siswa yang berkatagori keluarga miskin. Hal tersebut disampaikan Bupati Rudy, usai melantik para pejabat administrator dan pengawas sekolah, di lapangan Setda, Jum’at (31/12/2021).

“Untuk bapak dan ibu guru saya titip, saya masih ingat tahun 2007-2008, sebelum saya jadi bupati. Ribut-ribut ada seorang anak yang berada di Muarasanding, dia mau bunuh diri karena dia tidak mempunyai uang untuk berenang sampai masuk Rumah Sakit Hasan Sadikin, tidak ada yang menolong. Ditanya orang tuanya, belum ada penanganan karena harus ada sejumlah uang dan tidak ada satu orang pun dari dinas pendidikan, pemerintah daerah. Sebagai orang Garut, saya selesaikan,” ujar Rudy.

Rudy berharap kejadian serupa tidak terulang kembali, ia meminta para pengawas sekolah wajib bertanya kepada kepala sekolah dan guru, siapa orangtua siswa disekolah yang katagori miskin agar dicatat dan diselesaikan masalah kemiskinan tersebut.

“Selama saya bersama dr Helmi menjadi jadi Bupati dan Wakil Bupati Garut sudah 80 miliar kami gelontorkan uang untuk program Rutilahu, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021. Ini dari APBD Garut, belum dari pemerintah pusat. Kita perbaiki rumahnya. Pendidikan itu bukan saja menyangkut legaliter saja, tetapi ada keadilan bagi orang yang tidak mampu,” kata Rudy.

Lebih lanjut Rudy menekankan, agar para pengawas sekolah juga harus detail mengetahui sampai kepada kebiasaan asupan makanan, apabila mungkin ditemukan siswa tidak bisa sarapan pagi karena kondisi kemiskinan.

“Saya sudah bicara tugas khusus kepada Kadisdik sekarang ini, pergi (monitoring), perlu ada beras, minta ke DKP, kami masih punya ratusan ton. Cek yang bersangkutan,” pintanya.

Selain itu Rudy meminta, agar dinas pendidikan berkoordinasi dengan dinas kesehatan dalam hal permasalahan siswa dalam penanggulangan masalah Stunting. Ia berharap, para pengawas sekolah memiliki ruh dalam membimbing sekolah karena tugasnya adalah membina kepala sekolah dan para guru. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *