Bupati Garut Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

FOKUS, HALO POLISI806 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Didampingi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), Bupati Garut Pimpin apel gabungan Gelar Pasukan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) Natal ditengah pandemi corona virus desease 2019 (covid-19), di lapangan Mako Polres, Kamis (23/12/2021).

Hadir dalam apel, Bupati Garut H Rudy Gunawan, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, SIK M Si, Dandim 0611 Garut, Letkol Czi Dr Deni Iskandar, ST M Han, MDM, CAN, Dandenpom III/2 Garut, Letkol CPM (K) Wiyana Warsanah SH, Kejari Garut, Dr Neva Sari Susanti, SH M Hum, perwakilan Danrem 062 Tarumanagara, Danyon 303/SSM, Ketua MUI Garut, Waka Polres dan para PJU Polres, kepala SKPD Pemkab Garut, Mitra Polri Pokdarkamtibmas, FKPM, Sahabat Polisi dan lainnya serta perwakilan Ormas.

Bupati Garut H Rudy Gunawan didampingi Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono saat pimpin apel gelar pasukan

Bupati Garut H Rudy Gunawan, selaku pembina apel, didampingi Kapolres dan unsur Forkopimda lainnya, melakukan pemeriksaan personel pasukan pengamanan Nataru yang terdiri dari jajaran Polres termasuk Tim Sancang dan Brimob Detasemen A Pelopor, Kodim 0611, Denpom III/2, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Kesehatan, Disdamkar dan Saka Bhayangkara.

Selanjutnya Bupati didampingi Kapolres secara simbolis menyematkan pita petugas pengamanan Nataru kepada perwakilan TNI, Polri dan Dinas Perhubungan, dan dilanjutkan dengan arahan dan sambutan, membacakan sambutan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Usai apel digelar, dilanjutkan dengan simbolis pemusnahan hasil operasi knalpot bising dan minuman keras.

Kapolres dan Bupati Garut saat penyematan petugas pengamanan Nataru

“Nataru ini kita merujuk kepada Inmendagri nomor 66 yang menjadi pijakan seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia dan Intruksi bapak Kapolri. Seluruh Indonesia sama, ada penekanan-penekanan tergantung daripada situasi daerah,” ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, usai apel gelar pasukan.

Rudy menjelaskan, di Kabupaten Garut, ada beberapa chek point sesuai arahan Kapolri yang mewajibkan 3M, yang dipimpin Kapolres dan Dandim akan dipetakan oleh Satgas dilapangan. Rudy juga menyebutkan bahwa Sat Pol PP dibantu TNI-Polri akan melakukan pengecekan barcode aplikasi pedulilindungi.

Dokumentasi Pemusnahan Miras

Sementara, Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, pemusnahan miras mencapai 500 ribu botol dari berbagai merk dan ukuran dan untuk knalpot bising sekitar 660 ribu.

“Saya juga menekankan, dalam tiga kegiatan besar dalam Nataru. Pertama pengamanan jalur lalulintas balik dan mudik, yang kedua adalah pengamanan tempat ibadah serta yang ketiga adalah pengetatan aktivitas masyarakat atau penegakan prokes,” tandas Kapolres Garut.

AKPB Wirdhanto juga menjelaskan, total ada 13 pos, yakni pos terpadu, pos pengamanan atau chek point dan pos pelayanan. Kapolres menghimbau kepada masyarakat untuk perayaan Natal sebisa mungkin di rumah saja bersama keluarga.

Dokuementasi Forkopimda saat pemusnahan knalpot bising dan miras

“Dihimbau untuk tidak melakukan mudik, supaya kita bisa mempertahankan transmisi kontak dari angka Covid-19 kita di Garut yang saat ini sudah cukup baik,” tegasnya.

Kapolres berharap, dalam perayaan Nataru, angka Covid-19 tidak naik dan kemudian diimbangi dengan kegiatan vaksinasi yang diharapkan target 70% diakhir tahun 2021 bisa tercapai.

Personil yang diterjunkan dalam pengamanan Nataru lanjut Kapolres, ada 904 personel Polri, 500 personel dari unsur TNI, kemudian Sat PP, Dinas Pehubungan dan SKPD lainnya, termasuk juga mitra Polri dan komunitas masyarakat yang turut membantu.

“Dan juga yang perlu kami apresiasi dari NU, itu juga menawarkan untuk memberikan pengamanan juga pada saat perayaan ibadah Natal. Ini juga merupakan bagian dari sinergitas, kegiatan toleransi sesama umat di Kabupaten Garut,” pungkas Kapolres. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *