Tingkatkan UMKM, Wakil Bupati Garut Terima Kunjungan Kerja Wakil Bupati Bandung

FOKUS852 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan UMKM, dibutuhkan suatu strategi dalam peningkatan SDM Pembina sehingga target dan sasaran sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha. Untuk menjembatani tersebut dibutuhkan studi banding ke daerah yang sudah maju dalam pengembangan dan pemberdayaannya tersebut.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Bandung, Syahrul Gunawan beserta rombongan melakukan Studi Banding terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Garut, Kamis (09/12/2021). Kedatangan rombongan Wabup Bandung disambut Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman didampingi Pengusaha/Owner Restoran Muara Sunda, Tedy Golsom.

Wabup Bandung, Syahrul Gunawan mengungkapkan, dirinya bersama rombongan dari Kabupaten Bandung siap sharing dan siap berkolaborasi dalam rangka untuk peningkatan dan pengembangan produk UMKM Tahun 2022 dengan Kabupaten Garut. Dalam kunjungan tersebut, Syahrul mengatakan, salah satu agenda kunjungan kerjanya adalah melihat sejauh mana keberadaan pelaku UMKM di Kabupaten Garut.

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, Owner RM Muara Sunda, Tedy Golsom dan Wakil Bupati Bandung, Syahrul Gunawan saat menikmati Kopi Senja di RM. Muara Sunda, Garut Kota, Kamis (09/12/2021).

“Saat ini kami ingin fokus UMKM bisa naik kelas. Sehingga membuka peluang pasar, baik itu lokal, regional nasional maupun internasional. Saya bersama rombongan ke Kabupaten Garut ini untuk belajar dalam rangka mengembangkan UMKM. Di Garut ini yang saya tahu sangat populer dengan produk kerajinan dan kulinernya. Intinya kami di sini ingin belajar terkait wirausaha di Garut,” ujar Syahrul, yang juga mantan artis papap atas tersebut.

Artis yang menjadi lawan main Agnes Monica dalam Sinetron Pernikahan Dini ini mengatakan di kemudian nanti siap saling berkolaborasi dengan Kabupaten Garut. Mudah-mudahan, kata Syahrul, silaturahim tersebut akan terus berlanjut dan akan menjadi sebuah ikatan kerjasama yang saling menguntungkan, terutama untuk para pelaku UMKM.

“Hasil kunjungan ini nanti bisa diterapkan untuk meningkatkan UMKM di Kabupaten Bandung,” tandas Syahrul Gunawan usai menggelar kopi bareng bersama Wakil Bupati Garut di RM Muara Sunda, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota.

Sementara, Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman mengatakan, kunjungan Wakil Bupati Bandung ke Garut merupakan sebuah kehormatan bagi Kabupaten Garut. Ia menyebutkan, dimasa pandemi Covid-19 sampai saat ini Garut masih menata perekonomian agar dapat berkembang dan berdaya sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemkab Garut.

“Pada prinsipnya ini merupakan bentuk interaksi, kolaborasi dan sinergisitas antar Kabupaten. Adanya kunjungan kerja ini tidak hanya memberikan manfaat bagi Kabupaten Bandung, tetapi juga bagi Kabupaten Garut. Sebab antar kedua Kabupaten saling bertukar informasi, sharing dan menggali potensi maupun peluang yang bisa dikerjasamakan,” pungkasnya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *