Usai Disidak Dinas Indag Garut, Minimarket Nice So Kini Sediakan Kantong Plastik untuk Konsumen

GARUT KOTA1,547 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Beberapa waktu lalu, manajemen toko ritel minimarket Nice So penyedia alat rumah tangga yang ada di kawasan pusat perbelanjaan Sukaregang, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, pasca Opening tidak menyediakan kantong plastik untuk barang belanja kepada konsumennya atau memilih membeli bodie bag senilai Rp3.500.

Sontak saja, kejadian ini sempat mendapat reaksi keras dari berbagai elemen masyarakat Garut dan para konsumen yang berbelanja di toko, pasalnya di Kabupaten Garut belum ada aturan dan arahan untuk mengimplementasikan kebijakan kantong plastik berbayar.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Kabupaten Garut melalui Kabid Perdagangan, Heri Gunawan Saputra, bersama Lurah Kota Wetan, Galih Mawariz dan tokoh masyarakat dari Ormas Jihad, Ihin Solihin, melakukan sidak ke toko yang menjual berbagai kebutuhan alat rumah tangga ini.

“Alhamdulillah, setelah kami jelaskan kepada pihak toko bahwa di Kabupaten Garut belum terbit aturan terkait penggunan kantong plastik, akhirnya pihak manajemen akan menyediakan kantong plastik buat konsumen yang belanja kesini,” ujar Heri Gunawan Saputra, Jumat (26/11/2021) kepada hariangarutnews.com.

Namun Heri berharap, pihaknya menganjurkan kepada masyarakat untuk mempersiapkan tas belanja sendiri dari rumah. Atau dapat menggunakan tas belanja yang ramah lingkungan sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik di Kabupaten Garut, tandasnya.

Terpisah, Cepi Sulaeman (40) warga Kecamatan Cibatu mengaku beberapa kali membeli bodie bag saat berbelanja di toko tersebut. Namun kali ini pihak kasir, kata dia, hanya menawari untuk memilih membeli tas belanja ramah lingkungan atau kantong plastik.

“Iya saya baru belanja kebutuhan buat di rumah. Tak seperti kemaren-kemaren sekarang saya bisa mendapatkan kantong plastik dengan cuma-cuma seperti di minimarket atau swalayan lainnnya,” ungkap Cepi saat diwawancara awak media. (Jef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *