Bupati Garut Murka, Delapan Bulan Kain Kafan Jenazah Covid-19 Belum Dibayar KPA RSUD dr. Slamet, Rudi : Selesaikan Hari Ini, Kalau Rumah Sakit Tak Mampu Bayar, Biar Saya Lunasi

FOKUS1,109 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Usai menggelar upacara HUT Ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional Ke-27 Tahun 2021 di Lapangan Setda, Bupati Garut, Rudy Gunawan, murka setelah mendapat informasi bahwa bahan-bahan keperluan untuk pemulasaraan dan penguburan jenazah pasien Covid-19 yang dipesan belum dibayar oleh Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut selaku pemesan.

Yuli Sri, warga Jalan Sudirman No. 19 Kelurahan Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, sebagai pengadaan barang dan jasa, saat menghadap Bupati Garut menuturkan, pemesanan bahan-bahan keperluan untuk jenazah Covid-19 itu dilakukan oleh RSUD dr Slamet Garut sejak awal Maret 2021. Dan hampir Rp200 juta bekas pemesanan kain kafan, plastik pembungkus mayat untuk pasien Covid-19 tersebut hingga kini belum dibayar melalui Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) setempat.

“Belum dibayar sejak April 2021. Kami berharap pemerintah daerah segera melunasi. Saya juga sudah bicara dengan pak Sekda dan Direktur, hanya KPA nya yang berbelit-belit,” kata Yuli, Kamis (25/11/2021).

Sontak, Bupati Garut Rudy Gunawan menanggapi hal itu mengaku kaget dan langsung menghubungi Direktur RSUD dr. Slamet Garut, dr. Husodo Dewo Adi dan memerintahkan agar utang kain kafan segera dilunasi oleh pihak rumah sakit. Bupati menambahkan anggaran Covid begitu banyak, baik anggaran tahun sebelumnya dan penambahan anggaran di tahun 2021.

“Gimana ini pak Direktur, kasihan ini sudah delapan bulan bekas kain kafan katanya belum dibayar. Segera selesaikan hari ini, kalau rumah sakit tak mampu melunasi biar saya yang bayar. Sampaikan itu ke Wadir Umum selaku Kuasa Pengguna Anggaran kalau tak mampu bekerja biar nanti saya ganti. Kemana itu dananya, Inspektorat segera audit. Jangan-jangan para relawan yang membantu pemulasaraan jenazah juga sama belum dibayar,” tegas Bupati Garut. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *