Gelar Pameran Kewirausahaan di SMK Bina Siswa Mandiri Limbangan Garut, Ini Harapan Kepala Sekolah

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,074 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam era modern seperti sekarang ini termasuk para siswa-siswi terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat diharapkan terlatih dan bisa memamerkan hasil karya terbaiknya dan memdapatkan pengakuan dari guru, orang tua dan masyarakat secara luas termasuk industri.

Dengan melakukan research and development (penelitian dan pengembangan) diharapkan juga bisa menggali potensi, yang menghasilkan kreasi anak bangsa. Dengan menggunakan metode-metode baik secara kualitatif, deskriftif dan bisa mengumpulkan data-data melalui observasi dan dokumentasi secara langsung. Penelitian dan pengembangan yang menjadi hasil karya nyata oleh para siswa, dikembangkan untuk lebih memggali potensi lain yang lebih baik.

Hal inilah yang dilakukan SMK Bina Siswa Mandiri Balubur Limbangan, Kabupaten Garut yang menggelar pameran virtual hasil karya siswa-siswinya tahun 2021. Pameran digelar selama dua hari mulai 17 sampai 18 Nopember 2021.

Kepala SMK Bina Siswa Mandiri, Badruzia Hanfiah S Pd, menuturkan kebanggaan kepada para siswa-siswinya yang bisa membuat hasil karya. Menurutnya, kegiatan yang digelar sangat bermanfaat dalam rangka pengembangan potensi para peserta didik.

“Baik dalam hal kewirausahawan, seperti dalam kreatif mengolah makanan. Tujuanya dari kegiatan ini supaya bisa menjadi wirausaha, karena memang lulusan SMK harus siap kerja dan siap berwirausaha,” kata Badru.

Kegiatan pameran tersebut, lanjut Badru, dilaksanakan selama dua hari dan saat kegiatan berlansung dimonitor juga oleh Kepala Cabang Dinas (KCD) Provinsi, MKKS, Pengawas, pemerintah kecamatan dan desa.

“Sempat kami undang juga para siswa-siswi dari 6 sekolah termasuk SMP yang berada di Kecamatan Limbangan dan Cibiuk. Dan mereka menyampaikan apresiasi,” ucap Badru.

Menghadirkan unsur pemerintahan dalam acara pemeran, lanjut Badru, diharapkan kedepan bisa berkolaborasi dalam hal pengembangan produk, mana yang bisa dikembangkan oleh sekolah, desa dan nantinya bisa dikolaborasikan dengan pemerintah daerah.

“Alhamdulillah dengan program pameran kreatif ini, sekolah kami SMK Bina Siswa Mandiri, dipercaya menggelar kegiatan. Semoga ini bermanfaat bagi siswa kami khususnya,” tuturnya.

Masih kata Badru, di sekolah yang dipimpinnya, kedepan direncanakan akan membuat sarana pemasaran produk dengan berbasis online (toko online) yang akan diberi nama “KABISA”, yang artinya, Kreatif Anak Bina Siswa Mandiri, dan itu pun sama seperti jargon SMK Bisa dan SMK Hebat, tukasnya.

Salah seorang siswi SMK Bina Siswa Mandiri, Nina Nuraeni, Kelas XII, warga Kecamatan Selaawi, saat diwawancarai, merasa bersyukur dan bangga bisa menghasilkan sebuah produk kewirausahaan dan memamerkannya.

“Saya berharap semoga denga digelarnya acara pameran ini, khusus siswa-siswa Bina Siswa Mandiri, kedepan bisa sukses,” kata Nuraeni. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *