Serentak AKM Jenjang SD Dilaksanakan, Ini Harapan Kepala SD Sukarasa 2 Malangbong Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada satuan tingkatan pendidikan dasar dan menengah. Evaluasi tersebut menggunakan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang juga terdiri dari Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Seperti dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbud, AKM Kemendikbud mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif para murid.

Pantauan hariangarutnews.com, pelaksanaan AKM untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) secara serentak sudah dimulai pelaksanaanya. Salah satunya di SD Negeri Sukarasa 2, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, pada Senin (15/11/2021). Sebanyak 30 siswa-siswi di SD Negeri Sukarasa 2 nampak sedang melaksanaan AKM dengan khusyu dan penuh konsentrasi.

Kepala SD Negeri Sukarasa 2, Cecep Ulum Bahtiar M Pd, saat diwawancarai membenarkan bahwa 30 siswa-siswinya sedang mengikuti pelaksanaan AKM secara mandiri, ditambah 5 orang cadangan.

“Semuanya berjalan dengan baik dan lancar walaupun ada berbagai kendala teknis, tapi bisa kami lalui dengan baik dan ini adalah salah satu bukti bisa melakaanakan AKM secara mandiri,” ujar Cecep.

Lanjut disampaikan Cecep, pelaksanaan AKM ini dibagi dua sesi dengan tentunya mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Alhamdulillah antusias siswa-siswi pun sangat bagus, termasuk dukungan dari orang tua. Saya berharap, terkait kegiatan AKM ini, yang terpenting adalah sarana prasarana bisa ditambah lagi, agar dunia pendidikan lebih maju,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *