Lestarikan Seni dan Sastra Sunda, Dinas Pendidikan Garut Gelar Pasanggiri Tingkat Kabupaten

FOKUS717 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Pendidikan kabupaten Garut, melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Sunda dan Kelompok Kerja Guru (KKG) menggelar Pasanggiri (Lomba) Bahasa Sastra Seni Sunda tingkat kabupaten. Diselenggarakan pada 13 sampai 14 Nopember 2021, di tujuh lokasi yang berbeda. Adapun peserta adalah perwakilan dari tiap-tiap kecamatan jenjang SD dan SMP dengan mata lomba diantaranya Baca Puisi, Pidato, Dongeng, Pupuh dan menulis Aksara (huruf) Sunda.

Pada lokasi acara Pasanggiri (lomba) Pupuh di SDN 10 Regol kecamatan Garut Kota, salahsatu panitia, Wawan, S.Pd., M.Pd menuturkan, lomba Pupuh ini diikuti oleh 38 peserta jenjang SD dari berbagai kecamatan dan dinilai oleh juri sebanyak 3 orang. Adapun pemenang Juara 1, nantinya akan mewakili kabupaten Garut pada Pasanggiri tingkat Provinsi.

Panitia Acara, Wawan, S.Pd., M.Pd

“Rencananya lomba ini diselenggarakan secara Daring / Virtual, namun karena waktunya cukup mepet sehingga panitia memutuskan untuk dilaksanakan secara langsung tatap muka. Tentunya karena masih dalam masa Pandemi jadi penerapan Prokes tetap diperketat, “ ujar Wawan. Minggu (14/11).

Alhamdulillah, imbuhnya, acara berjalan lancar dan ternyata siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar di Garut cukup banyak yang mampu menyanyikan Pupuh (Lagu Sunda) dengan sangat baik. Semoga kedepannya acara seperti ini bisa terus diselenggarakan, agar seni sastra sunda bisa tetap terpelihara dan selalu ada generasi yang meneruskan.

Salahsatu Juara Harapan 1 beserta Guru dari SDN 10 Regol Kecamatan Garut Kota

Dalam kesempatan yang sama, salahsatu peserta yang menjadi juara harapan 1, Dipa Wijaya Sinatria, kelas 5 dari SDN 10 Regol kecamatan Garut Kota, menyebutkan dirinya mengikuti lomba berawal dari rasa penasaran ingin mencoba kemampuannya dalam bernyanyi lagu sunda.

“ Sebelumnya saya belum pernah ikut lomba nyanyi, ini adalah lomba pertama dalam bernyanyi. Tapi sekarang bisa menang, jadi kedepannya ingin ikut lomba lagi dan akan berlatih terus nyanyi sunda, “ singkatnya. (Don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *