Klinik Pratama Tarogong Garut, Gelar Khitanan Massal Gratis bagi 150 Anak

FOKUS729 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sebagai bentuk pelayanan kesehatan dan dukungan kepada masyarakat dalam membantu meringankan beban dampak dari Pandemi Covid-19. Klinik Pratama Tarogong, mengadakan bakti sosial khitanan massal bagi 150 orang anak yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Garut, pada Sabtu (06/11/2021) bertempat di Klinik Pratama, Kecamatan Tarogong Kidul.

Direktur Klinik Pratama Tarogong dr Hani Firdiani, mengatakan, pelaksanaan tersebut, kolaborasi dengan penggerak Sedekah Kreatif, Bank BJB, Baznas dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan khitanan masal berkolaborasi dengan penggerak Sedekah Kreatif, Bank BJB, Baznas dan PPNI,” ujar dr Hani.

Dijelaskan dr Hani, yang dikhitan dalam catatan ada 150 anak yang datang. Namun, sambung ia, kemungkinan 120 sampai 130 anak, karena ada beberapa yang disarankan ditunda.

“Seperti tadi ada kasus Hipospadi, dimana kasus ini tidak bisa dilakukan khitanan seperti biasa harus dilakukan diruang operasi dibantu operatornya oleh dokter specialis bedah,” terangnya.

Masih kata Direktur Klinik Pratama, para peserta khitanan masal seluruhnya yang hadir dari semua wilayah se-Kabupaten Garut diantaranya Kecamatan Kadungora, Leles, Sucinaraja, Karangpawitan, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul dan lainnya, sekitar 12 sampai 15 kecamatan.

“Khitanan ini merupakan sebuah ibadah untuk anak dan orangtua. Keduanya, banyak masyarakat yang sering kali merasa kesulitan ekonomi ketika anaknya mau dikhitan. Kita ingin membantu meringankan beban mereka,” tuturnya.

dr Hani berharap, kegiatan ini bisa meringankan beban dari masyarakat apalagi masyarakat terdampak secara ekonomi dari pandemi Covid-19 cukup panjang.

“Protokol kesehatan ketat kita terapkan dalam kegiatan ini, seluruh petugas kita pastikan bebas Covid, peserta juga kita batasi ketika masuk ruangan khitan, sehingga sesuai dengan semangat kita menekan penyebaran Covid-19 namun juga masih bisa berbagi kebahagian melalui kegiatan ini,” kata dr Hani Firdiani.

Ditempat yang sama, salah satu orang tua, Cecep, warga Kampung Nagrog, Kecamatan Karangpawitan yang ikut mengantarkan anaknya, terlihat senang serta terus memberikan semangat dan dukungan kepada anaknya yang akan menjalani proses khitan.

“Terimakasih kepada Klinik Pratama Tarogong dan semua pihak yang telah mengadakan khitan massal ini karena dengan program ini bisa meringankan beban kita sebagai orang tua,” ungkap Cecep.

Tak hanya mendapatkan bantuan khitan gratis, usai khitan para peserta juga mendapatkan bingkisan untuk dibawa pulang ke masing-masing rumahnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *