Sekda Garut Serahkan Bantuan Untuk Penyintas Banjir di Pameungpeuk

HARIANGARUTNEWS.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Drs H Nurdin Yana MH, melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, pada Minggu (31/11/2021) lalu.

Dalam kunjungannya, Sekda Garut menyerahkan bantuan Pemkab Garut untuk penyintas banjir pasca meluapnya Sungai Cipalebuh, khususnya bagi warga Kampung Leuwisimar dan Leuwiapu, Desa Mandalakasih, Kecamatan Pameungpeuk. Bantuan yang diberikan berupa beras, selimut, perlengkapan mandi, mie instan, dan air mineral.

Dari informasi yang dihimpun, meluapnya Sungai Cipalebuh diduga diakibatkan oleh curah hujan tinggi yang terjadi pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 lalu. Namun, selain curah hujan yang tinggi, luapan sungai juga diakibatkan adanya gunung gundul, khususnya Gunung Kasur.

Kepada awak media, Sekda Nurdin mengungkapkan, meluapnya Sungai Cipeluh ini mengakibatkan runtuhnya Tembok Penahan Tanah (TPT), tergusurnya sebuah bangunan yang berada dipinggir sungai, dan 21 rumah terendam setinggi 70 centimeter.

“Terendam selama dua jam, sehingga menyebabkan beberapa sebagian perabotan rumah tangga mengalami kerusakan,” ucap Nurdin Yana.

Ia menerangkan, ada beberapa upaya yang harus dilakukan diantaranya reboisasi di wilayah sungai, normalisasi sungai dengan cara melakukan pengerukan sedimen sungai, dan mempertinggi TPT Sungai Cipalepuh sepanjang 250 meter yang ada di wilayah Leuwisemar.

Sementara, Camat Pameungpeuk, Tatang Suryana, dalam laporannya pada Rabu (27/10/2021) menyebutkan, selain dia kampung tersebut, di Kampung Kaum Lebak Desa Pameungpeuk, sejumlah rumah dan jalan terendam air dan lumpur.

“Alhamdulillah, berkat gotong-royong masyarakat dan aparat setempat, lumpur dan puing puing berhasil dibersihkan,” kata Camat Tatang. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *