Tabligh Akbar dan Santunan Warnai HUT Ke-62 Pemuda Pancasila di PAC Cikelet Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Mengisi momentum Hari Ulang Tahun Ormas Pemuda Pancasila ke 62 dan sekaligus peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun 2021. PAC Kecamatan Cikelet, DPC Garut, gelar santunan kepada anak yatim piatu dari 11 desa se-Kecamatan Cikelet, pada Sabtu (30/10/2021).

Acara dilaksanakan di sekertariat PAC Cikelet, Jalan Cilauteureun KM 03, Pertigaan Sayangheulang, Desa Pamalayan. Hadir dalam acara, pengurus dan anggota PAC, ormas Banser dan warga penerima santunan.

Ketua PAC Pemuda Pancasila, Cikelet, Cep Derwin, menyebutkan, dalam rangka mengisi momentum penting tersebut, pihaknya mencetuskan gagasan dengan memberikan santunan kepada anak yatim sebanyak 50 orang anak dari 11 desa di Kecamatan Cikelet.

“Agar tidak berkerumun, dilokasi acara kita simbolis dengan menghadirkan 10 anak dan orangtuanga. Sisanya kita salurkan ke lokasi masing-masing,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Cep Derwin mengucapkan syukur dan rasa terima kasihnya, kepada pengurus dan anggota yang turut menyemarakan HUT Pemuda Pancasila ke 62 tersebut. Yang mana, imbuh dia, perayaan tersebut juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun 2021.

“Terima kasih semuanya atas kerja keras, kekompakan dan kebersamaan, sehingga acara bisa dilaksanakan dengan lancar,” tutur Derwin.

Menurutnya, saat ini pula adalah bulan istimewa, yakni peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1443 Hijriyyah dengan diisi tausiyyah dari mubaligh.

“Berhubung ada tiga tema dalam satu acara, mudah-mudahan saya bisa sedikitnya mengilustrasikan tujuan Ormas Pemuda Pancasila, yaitu Menjaga dan Mempertahankan Negara Kesatuan Indonesia, Mewujudkan Masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut Derwin menjelaskan, Organisasi Pemuda Pancasila dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober 1959, yang mana pada waktu itu bernama Ikatan Pendukung Kemerdekaan (IPKI). Adapun tokoh tokoh pendirinya adalah, Jendral A Yani, AH Nasution, Gatot Subroto dan kawan-kawan lainya.

Maksud dan tujuannya, lanjut Derwin, pada waktu itu IPKI dilahirkan untuk mengemban tugas mulia yakni melindungi NKRI dari bahaya laten Komunis yang dimotori oleh PKI.

“Pagi ini tepatnya pada 28 Oktober 2021, segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada tanggal tersebut mempunyai arti terpenting dalam sejarah bangsa, karena generasi muda mengadakan kongres II di Jakarta untuk mengikrarkan sumpah sakti yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa,” paparnya.

Derwin juga menyampaikan isi daripada Sumpah Pemuda, dan memaparkan kilas sejarah lahirnya Sumpah Pemuda termasuk kiprah para pemuda Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan.

“Saat ini, banyak orang saling menghina hanya karena perbedaan agama, budaya, atau pandangan politik. Akhirnya, karena terlalu sibuk berdebat, akhirnya lupa Indonesia punya masalah-masalah yang lebih penting,” bebernya.

Masih kata Derwin dalam sambutannya, generasi muda harapan bangsa, agar bersama-sama semua berusaha menjaga toleransi dan kerukunan, serta NKRI meski punya latar belakang berbeda. Jangan sampai sedikit perbedaan malah menghalangi kita untuk jadi SDM Indonesia yang unggul.

“Ingatlah filosofi dari gerakan Sumpah Pemuda, gerakan yang mati-matian dibentuk pendahulu kita di masa lalu. Terus semangat belajar dan jadilah generasi yang bisa mengharumkan nama Indonesia di masa depan, semangat,” kata Ketua PAC Cikelet. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *