Peringati Tiga Momen Penting, SMA BIP Malangbong Garut Gelar Lomba Kreasi Nasi Tumpeng

HARIANGARUTNEWS.COM – Nasi Tumpeng merupakan salah satu hidangan khas tradisional dan budaya kearifan lokal Indonesia yang harus dijaga kelestariannya. Nasi Tumpeng tersebut setia menemani disetiap perayaan atau syukuran.

Seperti halnya perayaan atau peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyyah dan Hari Santri Nasional sekaligus momentum Hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun 2021 yang digelar oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) BIP Malangbong Garut dengan gelar perlombaan kreasi Nasi Tumpeng.

Kepala SMA BIP Malangbong, Asep Rahmat S Pd, mengatakan, perlombaan kreasi Nasi Tumpeng tersebut diikuti oleh siswa dari mulai kelas X sampai XII.

“Alhamdulillah acara dalam keadaan Lancar. Memang tak semua siswa-siswi bisa hadir hanya setengahnya saja dari jumlah siswa. Ini juga tetap mengedapankan protokol kesehatan (Prokes),” ujar Asep

Disampaikan Asep, perlombaan kreasi Nasi Tumpeng ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H,dan sekaligus dalam rangka Hari Santri Nasional.

“Sekarang Kebetulan tepatnya tanggal 28 Oktober 2021 yaitu Hari Sumpah Pemuda. Didalam Momen-momen tertentu, para siswa-siswi yang ada di SMA BIP ini bisa menjadi filosofis yang baik dan untuk berinovasi. Apalagi di era globalisasi atau modern ini harus bisa memahami nilai-nilai keagamaan dan rasa nasionalis. Harus benar-benar dipahami oleh para siswi-siswi SMA BIP ini,” paparnya.

Dengan lomba kreasi ini, imbuh Asep, bisa menumbuhkan rasa persaudaraan, kebersamaan, patriotisme, serta tekun beribadah. Penuh kesemangatan belajar di sekolah ataupun di rumah. Cinta kepada tanah air, tak lupa kepada sejarah bangsa Indonesia.

“Semoga dalam kreasi nasi tumpeng ini saya berharap bukan sekedar pemenang kesatu atau kedua, tapi yang lebih penting, rasa kebersamaan,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *