Wujudkan Visi Berwawasan Global, AMBS Garut Jalin Kerjasama dengan Language Center UIN Sunan Gunung Djati

FOKUS380 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Untuk mewujudkan salahsatu Visinya “Berwawasan Global”, Al Mashduqi Boarding School (AMBS) Garut kini resmi menjalin kerjasama dengan Language Center Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Kepala Departemen Pengembangan Bahasa dan Kerjasama Antar Lembaga AMBS Garut, Ustadz H. Zayyan Hadyan, Lc., M.Ag. dan Kepala Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Koko Abdul Kodir, M.Ag. Penandatanganan MoU dilaksanakan di Gedung Language Center UIN Sunan Gunung Djati, Jalan A.H. Nasution Bandung. Selasa (19/10/2021) kemarin.

Turut hadir pada kesempatan itu para pejabat dari kedua Lembaga, yaitu Direktur I AMBS Garut Ustadz Rofieq Azhar, S.Ag., MM., Kepala Departemen Peningkatan dan Pengembangan Akademik AMBS Garut Ustadz Muchtar Arifin, SS., Wakil Kepala Departemen Pengembangan Bahasa dan Kerjasama Antar Lembaga AMBS Garut Ustadz H. Taufik Bunyamin, Lc., ME.. dan Enjang Sukmana, S.Ag. Kepala TU dan BPP Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

Ustadz Rofieq Azhar, S.Ag., MM, Direktur I AMBS, mengatakan inisiatif jalinan kerjasama yang dibangun oleh AMBS Garut dengan Language Center Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung memiliki nilai yang sangat strategis, terutama sebagai wujud respon proaktif atas kebutuhan AMBS Garut untuk terus berkolaborasi dalam rangka berikhtiar mewujudkan lulusan yang memiliki kompetensi Insan Cendikia, Pemimpin dan Pribadi Qur’ani, serta sesuai dengan salah satu kata kunci dari Visi AMBS Garut yaitu “Berwawasan Global”.

“Tentu hal ini memiliki konsekwensi bahwa peningkatan penguasaan bahasa-bahasa dunia menjadi kunci utama dalam membuka wawasan global dan jejaring internasional, ” tutur Ust Rofieq.

Dr. H. Koko Abdul Kodir, M.Ag. Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung bersama Ust. H. Zayyan Hadyan, Lc., M.Ag. Kepala Departemen Pengembangan Bahasa dan Kerjasama Antar Lembaga AMBS Garut

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Koko Abdul Kodir, M.Ag. menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada AMBS Garut yang telah berinisiatif menjalin kerjasama dengan Language Center Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

“ Tentu sangat mendukung penuh dan siap membersamai AMBS Garut terkait upaya peningkatan kapasitas kemampuan berbahasa Santri Muridnya, baik itu Bahasa Arab ataupun Bahasa Inggris. Melalui Program Pembekalan, Persiapan, Pelaksanaan Test of Arabic for Language (TOAFL) dan Test of English for Academic (TOEFA), ” ujar H. Koko.

Sementara, Ustadz H. Zayyan Hadyan, Lc., M.Ag selaku Kepala Departemen Pengembangan Bahasa dan Kerjasama Antar Lembaga AMBS Garut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penerimaan yang baik dan bahkan dapat bekerjasama dengan Language Center Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Harapannya kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik dan memiliki nilai tambah bagi seluruh Santri Murid AMBS Garut, terutama sebagai evaluasi terhadap pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di AMBS Garut dan juga tentunya dengan instrument TOAFL dan TOEFA tersebut, dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Santri Murid sebagai bekal mereka dalam mempersiapkan kelanjutan pendidikannya ke jenjang kuliah baik di dalam ataupun di luar negeri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *