Ramai, Makelar Tanah Bergentayangan. Diduga Akan Dibangun Pabrik di Cibatu Garut

FOKUS1,861 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Belakangan ini ramai, banyak calo atau makelar tanah bergentayangan di wilayah Desa Cibunar Kecamatan Cibatu. Banyaknya calo tanah di wilayah tersebut karena ada rumor akan dibangunnya pabrik sparepart kendaraan di wilayah setempat.

Kepala desa Cibunar Suparman menyampaikan kalau dirinya sempat mendengar akan dibangunnya pabrik, malah ada yang mengaku perwakilan perusahaan datang ke kantornya. Diketahui, perusahaan tersebut membutuhkan tanah seluas 14 hektare. Infomarasi tersebut tersebar ke warga, sehingga tak sedikit yang menggalang menawar pembelian tanah ke pemilik.

“Sampai saat ini kami belum menerima informasi resmi akan dibangunnya pabrik di wilayah kami, sekalipun perwakilan perusahaan sempat datang. Mereka katanya membutuhkan tanah, tetapi sampai saat ini belum ada transaki dengan warga si pemilik tanah”, terang Suparman. Selasa (19/10).

Salahsatu tokoh Cibatu yang juga pengurus Kadin Garut Tata Ansorie, ia pun belum mendapat informasi dan tidak mengetahuinya. Menurutnya, tak menjadi masalah jika di Cibatu didirikan pabrik apalagi wilayah Cibatu dalam tata ruang termasuk wilayah kawasan industri. Hanya saja, pemerintah sendiri telah menentukan lokasi yang layak dibangun, artinya pihak investor harus memenuhi persyaratan yang sudah menjadi ketentuan pemerintah.

“Sepanjang menguntungkan warga Cibatu dan tak merusak lingkungan silahkan saja. Apalagi Cibatu kan sudah wilayah kawasan industri. Saya sendiri belum tahu dimana pabrik itu akan dibangun. Tentunya itu tidak bisa asal, harus memenuhi sejumlah syarat yang telah ditentukan. Salahsatunya apakah lokasi tersebut termasuk kawasan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), jadi tidak asal membangun,” ujar Tata. (Fitri)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *