Wakil Bupati Garut Apresiasi Kreatif Warga Cisewu, Dukung ODF Membuat Septicthank dari Ban Bekas

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, targetkan pencanangan desa Open Defecation Free (ODF) atau disebut juga desa bebas buang air besar sembarangan selesai di semua desa pafa tahun 2021. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Helmi, usai apel gabungan dilapangan Setda Senin (11/10/2021).

“Kita tahun ini target selesai desa ODF semua, karena di tahun 2022, kita akan masuk di kabupaten sehat dengan berbagai indikator,” ujar Helmi, di halaman Kantor Bupati, Komplek Setda Garut, Senin (11/10/2021).

Salah satu indikator yang paling harus disiapkan adalah, desa ODF sudah semua. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Dinas Kesehatan, PUPR dan Pemerintah Desa, sambung Helmi, membuat pencetakan beton untuk sanitasi (Septicthank).

“Saya juga apresiasi warga masyarakat seperti di Pamalayan Kecamatan Cisewu, dengan ban yang nilainya hanya Rp10 ribu, ditumpuk, sehingga tengahnya bisa dijadikan septicthank. Ini cukup kreatif dan bisa dicontoh. Hanya dengan biaya kisaran Rp60 ribuan, ban ditambah cor, jadi itu tidak terlalu mahal,” kata Helmi Budiman. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *