Gelar Musyawarah Desa RKPDes Tahun 2022, Ini yang Disampaikan Kades Sarimukti Pasirwangi Garut

FOKUS630 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka mengoptimalkan program pembangunan yang selaras dengan kebijakan pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Serta mengutamakan skala prioritas kebutuhan mendasar masyarakat yang terukur, terarah, efektif dan efisien, dan paling terpenting sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Pemerintah Desa Sarimukti Kecamatan Pasirwangi, menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2022, di aula desa setempat, pada Rabu (06/10/2021). Hadir dalam acara, unsur Forkopimcam Pasirwangi, lembaga desa diantaranya Ketua dan anggota BPD, LPM, RT, RW dan para tokoh masyarakat dan agama.

Dalam sambutannya, Kepala Desa (Kades) Sarimukti, Uus Saripudin, mengatakan musyawarah ini harus mengasilkan inti untuk pembangunan Desa Sarimukti bersama-sama dan merawatnya.

“Kita semua harus merasa memiliki apabila desa membangun apapun diwilayah dusunnya masing-masing semua harus punya rasa memiliki. Contoh salah satunya jalan desa yang sudah dibangun saya lihat sampah tidak pada tempatnya, selokannya ditutup sama tanah jadi airnya tumpah kejalan,” ujar Uus.

Uus juga menyinggung tentang harus diadakannya sistem keamanan lingkungan dengan giat lagi ronda malam. Karena menurutnya, akhir-akhir ini banyak laporan yang kehilangan kendaraan bermotor.

“Kegunaan ronda juga sangat penting bagi warganya sendiri, apabila warga ada yang sakit dan perlu bantuan bisa terpantau oleh keberadaan ronda,” kata Kades Uus.

Sementara, Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat, S STP M Si, M Ak, meminta kepada pemerintah desa, lembaga dan para tokoh masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan pencanangan Bupati Garut dalam hal desa Open Defecation Free (ODF) atau desa bebas buang air besar sembarangan.

“Sesuai dengan pencanangan pak Bupati, mari kita sama-sama mengambil langkah-langkah strategis. Mengedukasi warga masyarakat kita tentang upaya penyehatan lingkungan dengan perubahan prilaku hidup bersih dan sehat, tidak ada lagi buang air besar sembarangan yang kita kenal dengan desa ODF,” kata Camat Pasirwangi. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *