Wakil Bupati Garut Apresiasi Baksos Operasi Katarak dari Klinik Pratama Tarogong

FOKUS339 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr Helmi Budiman, menghadiri acara Bakti Sosial Operasi Katarak sebagai rangkaian dari Soft Opening Klinik Pratama Tarogong, di Jalan Otto Iskandar Dinata, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (05/10/2021).

Dalam sambutannya Wabup Garut memberikan apresiasi tinggi atas prakarsa dan penyelenggaraan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak terhadap 80 pasien yang dilakukan oleh klinik pratama tarogong bersama Rumah sakit Mata Cicendo Bandung.

Helmi mengatakan bahwa gangguan penglihatan dan kebutaan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat, dan katarak merupakan penyebab utama kebutaan di indonesia dan juga di Kabupaten Garut.

“Seluruh warga masyarakat untuk rutin mengecek kesehatan secara berkala baik di Puskesmas ataupun di Rumah Sakit,” kata Helmi.

Ia berharap dengan adanya operasi katarak gratis ini masyarakat yang tadinya terganggu aktivitasnya, nantinya dapat lebih produktif lagi. Sehingga dapat lebih meningkat lagi kesejahteraan masyarakat serta dapat memacu laju perekonomian di Kabupaten Garut.

Direktur Klinik Pratama, dr. Hani Firdiani menyebutkan bahwa katarak merupakan sebuah penyakit yang prevalensinya cukup tinggi sehingga menghambat produktivitas bagi penderita katarak ini. Maka dari itu, pihaknya tergerak untuk melaksanakan bakti sosial untuk pasien katarak di Kabupaten Garut.

“Kita berharap kedepannya semakin banyak kegiatan-kegiatan seperti ini sehingga jumlah penderita katarak di Garut bisa semakin menurun, dan kita bahkan berharap bahwa jumlah penderita katarak itu bisa sampai nol, karenaa tiap tahun peningkatan penambahan pasien katarak itu cukup signifikan,” ucapnya.

dr. Hani menyebutkan ada lebih dari 12 kecamatan di Kabupaten Garut yang mengirimkan pasien katarak salah satunya dari Kecamatan Karangtengah, Kecamatan Selaawi, dan Kecamatan Cilawu.

“Total sebetulnya kita membatasi total penderita katarak yang dioperasi di sini maksimal 50 orang, tapi ternyata sambutannya antusias, sehingga kita dengan berbesar hati menambah porsi maksimal tadi ini sekitar 80 pasien, karena harapan mereka besar sekali untuk bisa dioperasi hari ini di Klinik Pratama Tarogong,” pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *