Ceu Edoh Ngaguar “Preman Pensiun” di Guar Garut

FOKUS1,033 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Siapa tidak kenal Ceu Edoh? Perannya di serial televisi “Preman Pensiun” berhasil melambungkan namanya. Kini Ceu Edoh sudah dikenal banyak orang berkat karakternya sebagai ibu rumah tangga dengan pengucapan dialog yang khas Sunda.

Mengisi waktu luang di sela-sela kesibukannya, didampingi lawan mainnya di Preman Pensiun, Kang Junaedi, pada tayangan video YouTube “Guar Garut Ngobrol Bareng Tata Ansorie”, selain tahu banyak tentang Garut, pemilik nama asli Ninih Yuningsih ini juga sedikit menceritakan kisah hidupnya kepada Guar Garut.

Ceu Edoh adalah sosok yang lugu, namun lucu. Dialeknya kental sekali dengan dengan logat Sunda. Apalagi, kalau ia sedang kesal dengan Emak, mertua Kang Mus, lantaran dipanggil Icih. Ia juga sering dipanggil dengan nama Syahrini oleh Esih, istri Kang Mus.

Profesi sehari-hari Ceu Edoh adalah pekerja seni dan seorang ibu rumah tangga. Wanita yang tinggal di kawasan Jalan Terusan Buah Batu ini aktif di bidang pertunjukan seni tradisi. Ia dulu kerap tampil di program yang disiarkan TVRI Jabar-Banten.

“Saya mengawali karir di industri seni peran sejak 2003-2004. Karir dimulai dari panggung lenong Betawi. Tidak selalu berjalan mulus, saya harus berjuang ikut beberapa kali casting sinetron. Bahkan pernah dibayar Rp80 ribu,” ujar perempuan yang pernah nyalon menjadi anggota DPRD Kota Bandung ini.

Nama Ceu Edoh sepertinya akan terus melekat pada Nining Yuningsih. Orang lebih mengenalnya dengan nama Ceu Edoh walau sudah tidak main di sinetron Preman Pensiun.   Sebenarnya nama ini sudah dikenakannya sebelum sientron Preman Pensiun.

“Dulu Ceu Edoh adalah nama panggung yang dipakai saya di program Longser Plus yang tayang di TVRI Jabar,” tandas Ceu Edoh saat diwawancara dirumahnya Raja Bolu “MangHe” di Jalan Ciloa Kaler, Desa Sindang Ratu, Kecamatan Wanaraja, Senin (04/10/2021).

Bicara tentang Garut, dalam kesempatannya Ceu Edoh dan Junaedi mengatakan Garut memiliki sederet destinasi wisata alam terbaik di Jawa Barat. Udara di sekitarnya yang masih terjaga membuat Garut cocok jadi tujuan liburan wisatawan lokal dan mancanegara.

“Dulu kalau ngomong Garut tahunya domba dan jaket kulit. Tapi ternyata Garut ibarat serpihan surga, kaya dengan destinasi alam dan kulinernya. Semuanya menyajikan keindahan yang menarik dan patut dikunjungi. Sayang kalau dilewatkan,” tandasnya.

Untuk lebih lengkap bagaimana kiprah Ceu Edoh dan Junaedi di sinetron Preman Pensiun, saksikan YouTube “Guar Garut Ngobrol Bareng Tata Ansorie”. (Gie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *