Dukung Program Pembangunan Desa, DPC Demokrat Garut Gelar Seminar Virtual dalam Tema Aspek Hukum Tatakelola Pemerintahan Desa

HARIANGARUTNEWS.COM – Bentuk kepedulian Partai Demokrat Kabupaten Garut, dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan pengelolaan desa, baik aspek penyusunan dan pertanggungjawaban pemerintahan desa. DPC Demokrat Garut Gelar Seminar Virtual dalam Tema Aspek Hukum Penyusunan RPJMDes, APBDes dan Tatakelola Pertanggungjawaban Keuangan Pemerintahan Desa, Jum’at (24/09/2021).

Hadir dalam acara, Ketua DPC Demokrat Garut, H Ahmad Bajuri, SE MM, selaku Keynote Speker. Selanjutnya selaku narasumber dari Kasi Pidsus Kejari Garut, Deny Marincka Pratama, SH, MH. Auditor Madya Inspektorat Daerah Garut, Drs Undang Suryana M Si. Dosen STH Garut, Sandi Prisma Putra, SH MH, CLA L, CPL, ACIArb, CPCLE, CCCLE. Kabid Pemdes DPMD Garut. H Fahmi Fauzi, S STP, M Si, M Ak. Ketua Bidang Hukum DPD Apdesi Garut, Rizki Ismail Barokah, SH. MH. Ketua Fraksi Demokrat DPRD Garut, H Dadang Sudrajat, S Pd. Host Zoom Meeting oleh Budi Rahadian SH.

Ketua DPC Demokrat Garut, H Ahmad Bajuri SE.MM

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kabupaten Garut, H Ahmad Bajuri, SE MM, mengatakan, hal ini tentunya menjadi salah satu konsen pihaknya dan diharapkan jugan oleh semua pihak, baik pemerintah dan para pemangku kebijakan agar lebih baik dan bisa terasa oleh masyarakat di desa-nya.

“Dengan ada hasil Pilkades di 217 desa kemarin, banyak yang baru menjabat kepala desa, dimana ini membutuhkan acuan bagaimana secara tehnis dalam tata kelola pemerintahan desa, terutama dari aspek hukum. Agar kedepannya tidak ada masalah baik secara hukum atau persepsi politik dari berbagai pihak,” tutur Bajuri, Jum’at (24/09/2021).

Moderator Meeting Zoom, Budi Rahadian SH

Lebih lanjut disampaikan Bajuri, Partai Demokrat melihat ini sebagai bentuk kepedulian dan pengabdiannya agar bisa berjalan dengan baik di pemerintahan desa.

“Maka kami diskusikan demgan DPMD Kabupaten Garut dan Kejaksaan Negeri Garut serta para pemangku organisasi yang ada di lingkungan desa. Alhamdulillah ini mendapat respon yang sangat baik, positif dan mendukung untuk acara seminar ini,” ungkap Ketua DPC Demokrat Garut, yang juga mantan Kepala Desa Cibunar tahun 2001 – 2004.

Secara pribadi, Ahmad Bajuri, mengucapkan banyak terima kasih atas kebersamaan hingga acara terselenggara. Terutama untuk narasumber dari Kejari Garut, DPMD, Inspektorat, Sekolah Tinggi Hukum (STH) Garut, Apdesi.

“Terima kasih untuk para nara sumber terutama kepada ibu Kejari, DPMD, Inspektiorat, STH Garut dan Apdesi. Serta apresiasi juga partisipasinya dari semua pemerintahan desa, baik kepala desa, BPD, LPM dan stakeholder yang ada di desa,” kata Ketua DPC Demokrat Garut.

Mantan Ketua DPRD Garut ini juga berharap, mudah-mudahan kegiatan ini bisa menambah wawasan dalam tata kelola pemerintahan desa, Juga untuk para nara sumber, ilmu yang diberikan semoga menjadi amal ibadah selain menjadi fungsi pembinaan secara lembaga.

“Era keterbukaan ini menuntut pengelolan pemerintaham desa lebih baik, karena semua elemen bisa mengakses bagaimana dan apa yang terjadi di desa-desa. karena bila pengelolaan desa baik akan berdampak pada percepatan proses pembangunan dan peningkatan pemdapatan masyarakat,” pungkas Ahmad Bajuri. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *