Bupati Garut : Wartawan Adalah Profesi yang Mulia

FOKUS759 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemkab Garut melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik dan Broadcast bagi wartawan yang dilaksanakan di Bukit Alamanda Resort and Resto, Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (21/09/2021).

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengungkapkan bahwa wartawan merupakan sebuah profesi yang mulia serta menyangkut hal yang berhubungan dengan nasib seseorang.

“Tugas jurnalistik yang baik adalah menghimpun berita, mencari fakta, lalu menyebarkan informasi, dan tentunya juga disini ada sisi etika,” ujar Bupati Garut dalam sambutannya.

Ia menuturkan, bahwa sebagai lembaga profesi, dirinya meminta seorang wartawan harus memiliki sebuah kompetensi dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Berkenaan dengan hal tersebut, imbuh dia, Pemkab Garut siap memberikan perhatian terhadap UKW agar para jurnalis di Kabupaten Garut memiliki kualifikasi sebagai seorang wartawan profesional.

Bupati Garut foto bersama dengan para awak media perwakilan dari PWI, IJTI, PWRI JAYA, HIPWI, AMNI, HIPSI, FORWAGAS, MOI, IWO, PWG, GAWAT dan lainnya.

“Dijelaskan Dewan Pers bahwa wartawan wajib mempunyai Uji Kompetensi Wartawan, kalau yang sudah mengikuti UKW maka dia berkualifikasi sebagai wartawan, sebagai jurnalis, ini yang sedang diperhatikan Pemerintah Kabupaten Garut,” ucapnya.

Bupati menuturkan, pihaknya menginginkan pers sebagai profesi yang berwibawa, serta dihormati sebagai profesi yang mulia. Terlebih, pers ini adalah seorang profesional yang memiliki kode etik.

“Jadi intinya kami terima kasih kerja samanya selama ini dengan rekan-rekan pers dan saya menginginkan pers yang berwibawa, profesional, dihormati sebagai profesi yang mulia. Sama dengan arsitek, sama dengan advokat, sama dengan dokter, cirinya adalah kita punya kode etik, kode etik pers dibuat ada aturannya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Drs Muksin S Sos M Si mengatakan, kegiatan ini ikuti oleh kurang lebih 60 peserta yang terdiri dari beberapa perwakilan organisasi pers yang ada di Kabupaten Garut. Dengan salah satu tujuan diselenggarakannya acara ini adalah meningkatkan kapasitas dan peran jurnalis dalam penyebarluasan informasi.

“Kegiatan Bimbingan Teknis Jurnalistik dan Broadcast dengan mengambil tema peningkatan penyiaran media daerah, bertujuan menjalin tali silaturahmi diantara organisasi pers dan meningkatkan kapasitas serta peran jurnalis dalam penyebarluasan informasi. Selain itu untuk membuka wawasan jurnalis dalam dunia penyiaran dan broadcast.” pungkas Kadis Kominfo. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *