Warga Karangpawitan dan Samarang Terlantar di Maluku, Berharap Pemkab Garut Membantunya Pulang Kampung

FOKUS3,755 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Viral di media sosial, akun Facebook atas nama ‘Cloude Nya’, yang mengaku salah seorang warga Kabupaten Garut. Dalam status facebook’nya ia posting yang menuliskan keluh kesah karena terlantar di Pulau Dobo, Maluku.

“Manawi ka pamarintahan garut abi 2an warga garut terlantar di pulau dobo maluku kabur ti kapal cumi .
Kunaon kabur.
1.teu bisa layaran
2.gawe 15 jam.mun teu menang cumi mancing nepi jsm 12
3.kudu jangkaran
4 kaptenna biadap maen tenggel maen tajong.
Mun gering teu di bere obat.
Cik pamarentah garut tulungan abi.hoyong uih ka jawa barat”

Demikian ungkapan yang diposting akun facebook yang bersangkutan dan langsung mendapatkan komentar beragam dari netizen.

Redaksi hariangarutnews.com pun mencoba menghubungi lewat nomor kontak yang dicantumkan di profil facebook namun tidak tersambung. Akhirnya berhasil tersambung melalui pesan mesengger facebook.

Identitas diketahui, setelah kontak melalui mesengger mengirimkan Surat Keterangan (Suket) Kependudukan dari Disdukcapil Garut. Yang bersangkutan adalah Egi Juliawan, warga Kampung Sindangpalay, RT 02/05, Desa Sindangpalay, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Dari cerita yang disampaikan Egi, ia mengaku bekerja di kapal penangkapan ikan di Pulau Aru Dobo, Maluku. Namun karena merasa dalam kerja tidak manusiawi, ia kabur dari tempat kerja penangkapan ikan bersama satu orang temannya dari Samarang, dua orang dari Cianjur dan satu orang dari pangandaran.

“Kita kabur dari kapal cumi karna kerja seperti hewan. Sy tinggal di jalanan kang.kan terlantar, di Kepulauan Aru Dobo Maluku,” ujar Egi, melalui pesan mesengger, Kamis (16/09/2021) malam.

Dengan hati was-was, takut dan cemas, ia berharap segera ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Garut khususnya, agar dia dan keempat temannya yang berharap bisa pulang dengan selamat ke kampung halaman. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *