oleh

10 RW Rawan Air Bersih, Warga Desa di Cigedug Garut Berharap Perhatian Pemkab

HARIANGARUTNEWS.COM – Air merupakan sumber kehidupan dan kebutuhan mendasar masyarakat. Tesedianya air bersih agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari diantaranya untuk mandi, mencuci dan memasak serta air minum. Pemerintah baik pusat sampai daerah, melalui berbagai program telah menggelontorkan anggaran untuk menanggulangi masalah kebutuhan air tersebut.

Hal ini diharapkan masyarakat secara umum terutama masyarakat menengah kebawah, tidak mengalami kesulitan masalah air karena merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Dengan tersedianya air menjadi sumber penghidupan dan juga akan menunjang kondisi kesehatan.

Dinas Damkar Garut saat supply air di Desa Cintanagara Cigedug Garut

Ironis memang, disaat pemerintah pusat dan daerah gencar dengan program sarana air bersih, masih ditemukan warga yang kesulitan air, sehingga perlu disuport, disupply karena tidak memiliki sumber air yang memadai. Seperti yang terjadi Desa Cintanagara, Kecamatan Cigedug. Mereka para warga harus menunggu, mengantri supply air untuk keperluan sehari-hari.

Kepala Desa Cintanagara melalui Sekretaris Desa, Elis Widaningsih, mengatakan, ada 10 Rukun Warga (RW) diwilayahnya yang rawan kebutuhan air, terutama air bersih.

“Alhamdulillah, hari ini Dinas Damkar Garut telah kirim air untuk warga kami di RW 01, 11 dan 16,” ujar Sekdes Cintanagara, Selasa (14/09/2021).

Wida menuturkan, bantuan supply air ini baru untuk 3 RW dan ini pun belum semua warga bisa tercover. Dari 16 RW di Desa Cintanagara, 10 RW terbilang rawan kekeringan dan sulit air bersih terutama.

“Ini baru tiga RW dan belum semua kebagian, dibagi-bagi saja dulu, besok dilanjut yang lainnya,” tutur Wida.

Wida pun atasnama warga masyarakatnya berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, bisa cepat respon menanggulangi terkait masalah kebutuhan air ini. Apalagi dalam pencanangan Open Defecation Free (ODF). Kebutuhan air bersih terutama, untuk suksesnya program ODF, karena sepertiga warga desanya sering kesulitan masalah air. (Ndy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru