Kapolres Garut dan Camat Apresiasi Pembentukan Pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Singajaya

HALO POLISI327 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting sekali, jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian Indonesia, maka dari itu dibentuklah Pokdarkamtibmas.

Menindak lanjuti hal tersebut, Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut bersama Forkopim Kecamatan Singajaya melakukan pembentukan kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdarkamtibmas) di Kampung Ranca Ucing, Desa Mekarmukti, Kecamatan Pakenjeng, Rabu (08/09/2021).

Acara tersebut diikuti oleh Camat Singajaya, Budiman Rahayu AP, Kasi Trantib Kecamatan Singajaya, Yayan Sofyan, Kapolsek Singajaya diwakili Kanit Intelkam Bripka Acep Sutisna, pengurus Pokdarkamtibmas Resor Garut, Perangkat Desa Mekar Tani, Tokoh Masyarakat, Tokoh Ulama serta masyarakat setempat.

Perangkat desa Mekartani, tokoh masyarakat, tokoh ulama dan pemuda hadiri pembentukan pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Singajaya.

Dalam pemaparannya, Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut, Igie N. Rukmana S.Kom mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keamanan, kenyamanan dan ketentraman masyarakat di Kecamatan Singajaya. Pokdarkamtibmas, imbuh dia, adalah sebuah organisasi Mitra Polri yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat.

“Kamtibmas adalah merupakan tanggung jawab kita bersama, karena itu untuk meningkatkan dan menjaga stabilitas keamanan ketertiban masyarakat, atas perintah Kasat Binmas Polres Garut, kami pengurus Pokdarkamtibmas Resor Garut bersama Forkopim Kecamatan Singajaya membentuk Pokdarkamtibmas guna membantu dan meringankan tugas-tugas kepolisian. Pokdar bukanlah LSM ataupun Ormas, melainkan lahir dari rahim Polri melalui Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas),” ungkap Igie.

Dia menambahkan, pembinaan terhadap Pokdarkamtibmas akan dilakukan secara komprehensif, berjenjang, dan berkelanjutan, tujuannya agar keberadaan dan dinamika kegiatan tidak mengalami pasang surut, tandasnya.

Sementara dalam sambutannya, Kanit Intelkam Bripka Acep Sutisna mewakili Kapolsek Singajaya mengatakan, Pokdarkamtibmas salah satu bentuk persahabatan dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri guna meningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas khususnya di wilayah hukum Polsek Singajaya.

“Pokdarkamtibmas harus hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan peningkatan kesadaran hukum, membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat, kelompok, komunitas, serta mengembangkan kemitraan dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan mendorong partisipasi masyarakat guna menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas,” tutur Bripka Cecep.

Pengurus Pokdarkantibmas Bhayangkara bersama Camat Singajaya, Budiman Rahayu AP.

Dalam kesempatannya, Camat Singajaya, Budiman Rahayu mengatakan bahwa dirinya sebagai camat sangat mengapresiasi adanya pembentukan Pokdarkamtibmas dan mengucapkan terimakasih kepada Polsek Singajaya, pengurus Pokdarkamtibmas Resor Garut, perangkat desa, para tokoh masyarakat, agama beserta para undangan yang telah berkenan hadir di acara pembentukan Pokdar tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi adanya acara pembentukan Pokdarkamtibmas Sektor Singajaya. Upaya menjaga rasa aman bukan semata tugas aparat keamanan yaitu TNI dan Polri. Kita semua punya kewajiban untuk memastikan situasi tetap kondusif,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Camat, pihaknya menyambut positif dan sangat bangga dengan terbentuknya Pokdarkamtimbas Bhayangkara Sektor Singajaya. Ia berharap organisasi ini dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dalam melaksanakan program kerja, ia berharap organisasi ini senantiasa bersinergi dengan jajaran kepolisian. Karena pada prinsipnya Pokdarkamtibmas merupakan mitra kerja Polri dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya berharap pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Singajaya nantinya mampu memberikan pengayoman bagi masyarakat dan dapat membantu tugas TNI/Polri untuk mewujudkan Singajaya yang aman dan damai,” pungkasnya.

Terpisah, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono turut mengapresiasi pembentukan Pokdarkamtibmas Sektor Singajaya yang secara sukarela bermitra dengan Polri untuk melakukan kegiatan bersama dengan tujuan mengamankan dan menanggulangi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Garut.

“Tugas-tugas Pokdarkamtibmas adalah memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya, dan harus mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk mentaati hukum. Anggota Pokdarkamtibmas harus berkelakuan baik dan mampu berkomunikasi dengan baik pula dengan masyarakat,” pungkas Kapolres Garut, Jumat (10/09/2021).

Dalam pembentukan pengurus tersebut, salah seorang Kepala Sekolah SD IT, Yakub Dedi Mujahid, ditunjuk menjadi Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Singajaya yang nantinya akan merekrut pengurus lainnya dari perwakilan masing-masing desa dan membentuk pengurus Sub Sektor yang ada di wilayah Kecamatan Singajaya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *